Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

DIKTIS KEMENAG RI Monitoring Evaluasi Program KIP PTKIS

DIKTIS KEMENAG RI Monitoring Evaluasi Program KIP PTKIS

[vc_row][vc_column][vc_column_text]HUMAS UIN SUTHA – Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah XIII Jambi melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) se-provinsi Jambi bersama Kasi DIKTIS Kementerian Agama RI(15/11/2022).

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari bertempat di Aula Tulip Lantai 2 V Hotel Kota Jambi diikuti sebanyak 16 PTKIS yang berada di wilayah Provinsi Jambi. Peserta yang hadir ini diantaranya:

1. IAI Muhammad Azim Jambi
2. IAI Nusantara Batanghari
3. IAI YASNI Muara Bungo
4. IAI Tebo
5. STAI Al Ma’arif Sarolangun
6. STIT Darul Ulum Sarolangun
7. STAI Syekh Maulana Qori Bangko
8. STAI Al Mujadid Tanjung Jabung Timur
9. STAI Al-Ma’arif Kota Jambi
10. STAI An Nadwah Kuala Tungkal
11. STAI Mambaul Ulum Kota Jambi
12. STAI Jarinabi Tanjung Jabung Timur
13. STAI Mau’izhah tjb
14. STIT Al-Falah
15. STIT YPI Kerinci
16. STAI MU

Secara keseluruhan ada 39 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini dan merupakan penerima beasiswa kartu indonesia pintar (KIP) ucap Dr. Fuad Rahman, M.H.I selaku Sekretaris Koordinator KOPERTAIS Wilayah XIII Jambi. Selain itu, turut hadir pula beberapa ketua dari masing-masing PTKIS yang mendampingi para mahasiswa mengikuti kegiatan monitoring ini.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_images_carousel images=”144771,144772,144773,144774,144775,144776,144777″ img_size=”350X255″ speed=”2000″ autoplay=”yes” wrap=”yes”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Amiruddin Kuba, M.A selaku Kasi Kemahasiswaan DIKTIS Kementerian Agama RI mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda pemantauan dan proses mengecek kembali kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki oleh DIKTIS Kemenag terhadap pelaksanaan KIP ini didaerah. Saya mengharapkan PTKIS Wilayah XIII untuk ikut proaktif dalam melaksanakan implementasi KIP ini di Jambi, Jika ada ketua dari PTKIS yang tidak hadir saya rasa hal ini perlu dievaluasi dan mungkin bisa jadi kuota KIP nya akan kita kurangi, karena bagi kami kegiatan ini sebagai sebuah kesempatan untuk memastikan penerima beasiswa di Jambi ini sudah berjalan dengan baik atau belum, ucap beliau.

 

Saat ini PTKIS yang berada didalam naungan KOPERTAIS Wilayah XIII Provinsi Jambi menerima kuota beasiswa KIP perkampus antara 10 s/d 15. Setelah melihat kegiatan hari ini mungkin kita akan melakukan evaluasi dan boleh jadi akan ada pengurangan kuota beasiswa KIP menjadi 5 jika tidak kooperatif. Ungkap Kasi Kemahasiswaan DIKTIS.

 

Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait golongan-golongan yang berhak menerima KIP diantaranya bisa dinilai dari skala prioritas lulus KIP. Diantaranya yang pertama tentu sebuah syarat mutlak punya Kartu KIP, kemudian ‌keluarga tidak mampu dengan surat rekomendasi keterangan tidak mampu dari RT/Lurah, mahasiswa yang orang tuanya korban dari Covid-19 dan telah meninggal dunia serta mahasiswa dengan kebutuhan inklusi (disabilitas).[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]