Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UIN STS Jambi Laksanakan Program Kerja Kopertais XIII ke IAI Nusantara Batanghari

Rektor UIN STS Jambi Laksanakan Program Kerja Kopertais XIII ke IAI Nusantara Batanghari

 

HUMAS UIN SUTHA – Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi, Prof. Dr. Asad, M. Pd., selaku Kordinator Kopertais Wilayah XIII Jambi bersama Sekretaris Kopertais, Dr. H. Jamrizal, M.Pd, melaksanakan Program Kerja Kopertais Wilayah XIII Jambi di bidang pembinaan.
Hal tersebut dilaksanakan pada Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, yang merupakan program kegiatan untuk Triwulan I (Januari – Maret) tahun 2024 terkait kinerja lembaga dalam bidang: Penyelenggara pendidikan yang bermutu, upaya menumbuhkan sikap moderat terhadap civitas akademika, upaya penguatan manajemen kelembagaan, pengaturan rasio dosen berdasarkan rasio program studi dan mahasiswa, upaya meningkatkan mutu sumber daya nanusia dan sarana-prasarana sesuai platform hasil kajian, dan laporan tentang usulan alih bentuk.
Rektor selaku koordinator yang didampingi oleh Sekretaris Kopertais memaparkan materi pembinaan berbasis visioner lembaga dan pengembangan ke depan. Di hadapan Rektor dan unsur pimpinan IAI Nusantara Batanghari, mereka diharapkan agar semua unsur senantiasa berbuat kemanfaatan dan kebaikan untuk orang banyak, supaya
nantinya bisa berimbas kebaikan dan kemanfaatan.
Lalu yang tidak kalah pentingnya adalah terkait pengembangan ke depan yang harus banyak melakukan kerjasama
dengan perguruan tinggi lain yang lebih maju, dengan tetap menjaga dan menjalin Kordinasi kepada Kopertais XIII Jambi.
Selanjutnya Sekretaris Kopertais XIII, Dr. H. Jamrizal, M.Pd., menyampaikan bahwa dalam upaya penyelenggaraan pendidikan yang bermutu, pihak LPM harus bekerja cerdas dan menerapkan prinsip kontinuitas dalam melakukan analisis dan review kinerja para dosen, serta menegaskan agar para dosen dapat bekerja secara maksimal dan tuntas capaian pembelajaran, hidupkan kreativitas para dosen dan mahasiswa dalam menjalankan/mengerjakan tugas-tugas di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Terkait upaya menjaga kondusivitas civitas akademika kampus harus berupaya untuk menerapkan dan mendorong tumbuhnya sikap moderat, yakni tidak terjadinya pembiaran terhadap suatu kondisi komunitas yang mengarah terciptanya tumbuh dan hidupnya perilaku dan pengungkapan yang ekstrem, namun senantiasa mengarahkan kecenderungan ke arah dimensi jalan tengah, sehingga yang kita rasakan adalah ketenangan, kesejukan, dan keharmonisan.
Hal tersebut juga harus ditopang dengan keseimbangan rasio dosen terhadap jumlah Prodi dan mahasiswa.
Untuk itu setiap awal tahun pembelajar harus dihitung kembali kebenaran rasio dosen tersebut, yang bisa saja terjadi penambahan tenaga dosen atau pengurungan.
Patokannya bila hasil analisis tersebut menuntut penambahan dosen, itu berarti ada kemajuan, tapi kalau hasilnya menuntut pengurangan dosen, itu berarti kemunduran.
Selanjutnya agar semua aktivitas kampus tetap berjalan dengan lancar dan baik, maka kelengkapan sarana dan prasarana juga harus tetap menjadi prioritas utama, untuk pihak manajemen lembaga yang terkait harus banyak melakukan terobosan kerjasama dan menambah para pihak untuk senantiasa menjadi dewan penyantun dan mau berkontribusi terhadap kampus Institut Agama Islam Nusantara Batanghari. (*)