Selasa, 29 November 2022
Sekolah Menengah Atas

Penyuluhan Resustasi Jantung Tingkatkan Pengetahuan Siswa

Penyuluhan Resustasi Jantung Tingkatkan Pengetahuan Siswa
Anggota PMR foto bersama dengan mahasiswa dan dosen fakultas kedokteran UNDIP.

Rabu, 23 November 2022 siswa SMAHA yang tergabung dalam organisasi PMR mendapatkan penyuluhan resustasi jantung. Kegiatan yang diikuti oleh 32 siswa serta guru pendamping tersebut berlangsung di aula SMAHA. Materi penyuluhan disampaikan langsung oleh mahasiswa UNDIP jurusan ilmu keperawatan serta didampingi dosen pembimbing.

Ibu Ns. Nana Rochana, S.Kep., M.N., selaku dosbing fakultas kedokteran UNDIP menyampaikan jika kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja mahasiswa dalam merdeka belajar. Mata kuliah ini kerupakan mata kuliah pilihan Basic Life Supprort (BLS) . “Adapun yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu banyaknya kasus henti jantung terlebih pada remaja. Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa bisa memberikan tips serta simulasi agar para masyarakat khususnya remaja paham apa yang harus dilakukan jika seketika ada korban di sekitarnya yang henti jantung.

Penjelasan terkait materi resusitasi jantung.

Dalam kegiatan ini para siswa diberi banyak informasi baru mulai dari pengertian resusitasi jantung, kriteria dilakukannya resusitasi jantung paru, langkah sebelum melakukan resusitasi, teknik melakukan resusitasi jantung, serta simulasi jika ada korban yang henti jantung mendadak.

“Kegiatan ini menurut saya sangat bermanfaat, karena berisi ilmu yang bisa diterapkan kepada sesama. Sekarang saya jadi tahu apa yang harus saya lakukan jika ada orang yang mengalami henti jantung mendadak”, tutur salah satu peserta, Afifah Nada (XI IPS 2).