Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Setelah PTNBH, UNNES Luluskan 1.650 Mahasiswa

Universitas Negeri Semarang (UNNES) mewisuda 1.650 lulusan baru dari program Doktor, Megister, Sarjana, dan Diploma pada upacara wisuda ke-113 bertempat di Auditorium Prof Wuryanto, Sekaran pada 24-25 November 2022.

Ini merupakan upacara wisuda pertama setelah UNNES beralih status dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Rektor UNNES Prof Dr S Martono MSi menyampaikan, UNNES telah bermetamorfosis menjadi PTN-BH ini berarti UNNES dituntut untuk lebih unggul dan berprestasi dalam fleksibilitas tata kelola.

“Ke depan kami harus mampu menunjukkan kepada masyarakat bahwa UNNES merupakan lembaga pendidikan besar yang bereputasi dunia dan menjadi pelopor kecemerlangan pendidikan yang berwawasan konservasi,” kata Prof Martono.

Prof Martono mengatakan UNNES adalah tempat bagi mereka yang memiliki kecerdasan dan prestasi unggul meskipun dalam kondisi sosial ekonomi yang kurang beruntung.

Selain itu, Guru besar dalam bidang manajemen itu menegaskan UNNES juga sebagai tempat bagi mereka yang ingin berbagi demi kelancaran dalam proses pendidikan dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi.

“Untuk itu, mari bersama-sama membangun UNNES yang lebih baik lagi,” kata Prof Martono.

Kepada wisudawan, Prof Martono juga berpesan untuk menjadi lulusan yang rendah hati. Tunjukkan kualitas dan kompetensi Saudara dengan karya, bukan dengan klaim semata.

Selain itu, Prof Martono menyampaikan kepada wisudawan agar tetap berjuang untuk mewujudkan impian yang ada di hati.

“Bersiaplah menjadi kerikil sebelum berubah menjadi mutiara. Bersiaplah dianggap kecil pada saat saudara mulai mengenal realita. Dengan sikap seperti itu, insya Allah Saudara akan dapat menjadi cemerlang di masa yang akan datang,” kata Prof Martono.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt dalam laporannya menyampaikan sebanyak 1.650 lulusan UNNES tahun 2022 ini, terdiri atas 11 orang Doktor, 153 orang Megister, 1,485 orang Sarjana, dan 1 orang Diploma.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan lulusan terbaik program Doktor, Megister, Sarjana, dan Diploma tingkat Universitas yakni Pratama Dharmika Nugraha Pendidikan Olahraga (S3) dengan IPK 3,90, Muhammad Maulana Fajar Pendidikan Olahraga (S2) IPK 4,00, Adyatma Gusti Pandya Manajemen(S1) dengan IPK 395, Ficky Dwi Santoso Statistika Terapan dan Komputasi (D3) IPK 3,62.