Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

ULM-Undiksha Setuju Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM dan Pelaksanaan Program MBKM

ULM-Undiksha Setuju Kerjasama Peningkatan Kualitas SDM dan Pelaksanaan Program MBKM

Dalam rangka meningkatan pelayanan dan Tri Dharma Pendidikan terkait perencanaan Program, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat di Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN- BLU), Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Prof. Dr. Ir. H. Yudi firmanul Arifin, M.Sc  beserta jajaran di bawah Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkunjung ke Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada Rabu (23/11/2022).

Prof. Yudi dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas diterimanya kunjungan ULM di Undiksha. Kunjungan ini dirasa tepat mengingat Undiksha merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang sedang berkembang pesat juga sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri BLU sejak 2015. “kami ingin belajar dan sharing pengalaman kepada Undiksha karena kami merupakan universitas tertua di Kalimantan tapi PTN-BLU termuda.” Ucap Wakil Rektor. Selain itu Beliau juga ingin mengetahui bagaimana pengelolaan kerjasama dalam BLU khususnya kerjasama yang bernominal, dari sisi manajemen fee disistem kerjasama Undiksha mengingat kerjasama bukan hanya dilingkungan Rektorat tapi juga tingkat Fakultas. Kepala Biro AKPK I Made Yasa menyambut baik kunjungan ini dan mempersilahkan ULM untuk bertanya dan sharing pengalaman. “Kita dapat berbagi pengalaman. Apa yang belum kita lakukan oleh Undiksha kita bisa mengambil pengalaman yang ada di ULM” Beliau.

Melalui Kunjungan ini banyak pelajaran dan pengetahuan yang ULM dapatkan diantaranya dalam bidang kehumasan, dalam pengembangan informasi dan data yang dilakukan oleh bidang kehumasan, tim humas berupaya mengikuti trend masa kini. Di era digitalisasi, target sasaran penyampaian informasi lebih kepada anak muda, jadi tim humas universitas harus banyak bermain di media sosial dengan  mengandalkan instagram, website, dan target upload berita di website sebanyak 2 berita perhari. Dalam pengembangan medsos seperti youtube juga sudah dikembangkan dengan membuat segmen-segmen seperti Gatra Ganesha dengan mengumpulkan berita-berita yang ada di Undiksha selama sepekan dan dikemas dalam 1 video, selain itu ada juga Bincang Ganesha yaitu suatu konten dengan mneghadirkan narasumber-narasumber seperti dosen yang ada di Undiksha dalam rangka mengangkat isu-isu yang terjadi di masyarakat atau hanya sekedar berbagi tips yang bermanfaat. Disamping itu, Undiksha juga memiliki badan kerjasama dan kehumasan yang mengurusi kerjasama dalam dan luar negeri. Hal menarik lainnya Undiksha juga memiliki BPU (Badan Pengelola Usaha) yang menangani masalah penginapan, penyewaan bulu tangkis, unit kesehatan, lahan UMKM (kantin) yang menjadi sumber pendapatan Undiksha.

Kedepannya, Wakil Rektor mengaharapkan adanya kerjasama antara ULM dan Undiksha dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sekaligus dalam rangka mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) karena ini merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) diseluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. “Kami siap, karena kami ada 11 Fakultas nanti bisa menerima kalau ada mahasiswa Undiksha yang mau belajar di kami (ULM).” Ucap Wakil Rektor.