Senin, 13 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Mpls Dimasa Pandemi Covid-19

MPLS DIMASA PANDEMI COVID-19

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Kegiatan ini dilaksanakan serentak secara Nasional pada masing-masing sekolah selama tiga hari beturut turut, serta pelaksanaan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun yang lampau. Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, setiap sekolah melaksanakan kegiatan MPLS secara daring.

MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut, baik  perkenalan dengan sesama peserta didik baru, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah . Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Selagi pandemi masih ada, pemerintah menganjurkan setiap sekolah untuk melakukan proses pembelajaran di rumah saja atau secara daring. Dengan memanfaatkan alat komunikasi internet dan peran teknologi seperti handphone dan media sosial lainnya.

Peran lembaga pendidikan baik kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan dalam proses belajar daring akan semakin terwujud jika adanya kerjasama dengan peran orang tua di rumah. Semua itu bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik dimasa seperti sekarang ini.