Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Bisnis Mahasiswa UMJ Mendapatkan Pendanaan P2MW 2022

Bisnis Mahasiswa UMJ Mendapatkan Pendanaan P2MW 2022

Lima Kelompok Mahasiswa UMJ yang mengikuti (Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia) KMI Expo dan KMI Award lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) yang diselenggarakan secara luring di UPN. Kelompok bisnis tersebut adalah Rawis Orchid, Jaya Lestari Farm, Bimbingan Belajar Kreasi, Gabin Joss, dan Coffee Sulung. Selain itu, 2 kelompok diantaranya juga mendapatkan pendanaan dalam kegiatan KMI Expo dalam pameran produk (22-25/11).

Mahasiswa UMJ yang lolos tersebut adalah Raifat Putra Hermawan, Annisa Halimatu Sa’adiah, dan Ade Bai Haqi kelompok Jaya Lestari Farm yang lolos kedalam seleksi KMI Award dengan kategori budidaya dan produksi yang juga diselenggarakan secara luring di UPN Veteran Jawa Timur.

Sebelumnya, mereka mengikuti beberapa tahap seleksi. Tahap I seleksi berupa pengumpulan proposal yang ditinjau oleh internal UMJ dengan memilah proposal terbaik dari beberapa kelompok yang berhak didaftarkan dalam seleksi belmawa Kemendikbud Ristek. Selanjutnya, Tahap seleksi penilaian yang dilakukan oleh panitia seleksi dan mendapatkan pendanaan dari Kemendikbud Ristek.

Kepala Unit Pelayan Teknis Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan (UPT PIBK UMJ) Dessy Iriani Putri mengatakan banyak pembelajaran yang didapatkan mahasiswa ketika mengikuti rangkaian kegiatan ini, baik soft skill maupun hard skill. Hal tersebut dikarenakan selain KMI Expo ada juga seminar-seminar kewirausahaan yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha.

Selain itu, mahasiswa juga belajar mempromosikan dan mempresentasikan produknya baik berupa lisan maupun secara visual (desain bazar). “Dengan adanya kegiatan ini, semoga Dessy mahasiswa termotivasi untuk lebih berinovasi terhadap produk usahanya serta dapat bekerja sama dengan tenaga pendidik untuk menghasilkan produk komersial berbasis riset.

KMI Expo dan KMI Award merupakan puncak kegiatan dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), diikuti lebih dari 351 perguruan tinggi, 3000 peserta mahasiswa, serta 951 produk usaha yang dipamerkan pada Selasa, (28/11). Kegiatan yang merupakan kompetensi tahunan mahasiswa wirausaha ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (KH/KSU)