Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Berdamai Di Masa Pandemi

Berdamai Di Masa Pandemi

    Virus COVID-19 yang menyebar luas di seluruh penjuru dunia, menyebabkan hampir semua bidang mengalami stagnasi. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) merupakan kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi saat ini. Semua sektor bidang diarahkan untuk berperan dalam memutus rantai penyebaran virus Corona, termasuk bidang pendidikan.

   Di awal kemunculan COVID-19 pada tahun 2020, pemerintah menentukan kebijakan bahwa kegiatan pembelajaran di sekolah berubah menjadi sistem daring (dalam jaringan). Pembelajaran secara daring merupakan sistem pembelajaran antara guru dan siswa yang dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Kebijakan ini diambil karena penyebaran virus COVID-19 yang kian meningkat setiap harinya, sampai detik ini di tahun 2021. 

  Pembelajaran secara daring ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihannya adalah kita sebagai pelajar terjamin keamanan dan juga kesehatannya dari bahaya virus COVID-19 dikarenakan minimnya kontak fisik dengan orang lain. Kecakapan dalam mengoperasikan teknologi juga semakin terlatih karena selalu ada inovasi dalam pembelajaran daring. Selain itu, para siswa juga memiliki waktu lebih untuk bercengkerama dengan keluarga.

   Namun sayangnya, tidak semua siswa memiliki ponsel pribadi, jaringan internet yang bagus, dan juga kuota yang memadai. Hal ini merupakan beberapa kekurangan sistem daring dan menjadi kendala yang harus dihadapi siswa. Selain itu, para siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diterima. Banyaknya tugas dirasa berat karena para siswa tidak terlalu memahami materi dan juga masih harus membantu orang tua di rumah.

  Ya, tetapi begitulah kehidupan di masa pandemi. Semua orang mengalami hal yang tidak mudah. Kita bertanggungjawab pada hidup kita masing-masing. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah berdamai dan berjuang untuk tidak kalah dengan keadaan. Kita harus tetap berkarya dan bersama-sama melawan virus ini. Tetap taat protokol kesehatan 5M: Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Mengurangi mobilitas. Dan jangan lupa, mari berolahraga agar badan tetap fit dan imun tubuh menjadi kuat.


Penulis : Salsabila Putri (11 KIB)
Ilustrator : Taufiq Rizqi Kurnianto (TAV)