Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Dasar

Saim Lakukan Penjaringan Peserta Didik Terbaik Di Bidang Matematika Dan Ipa Untuk Kompetisi Sains Nasional (ksn) 2021

Saim Lakukan Penjaringan Peserta Didik Terbaik Di Bidang Matematika Dan Ipa Untuk Kompetisi Sains Nasional (ksn) 2021

Matematika dan IPA merupakan kompetensi yang diperlukan pada abad 21. Kedua kompetensi ini menuntut siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Penguasaan kedua bidang keilmuan ini sangatlah penting karena, sebagian besar sektor di seluruh dunia tidak lepas dari matematika dan IPA. Dengan kata lain, penguasaan kompetensi di bidang matematika dan IPA membantu mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan zaman. Menindaklanjuti hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) guna mewadahi dan memfasilitasi peserta didik di bidang matematika dan IPA.

Tak ingin kehilangan momentum, SDIT Alam IKM Al Muhajirin melakukan penjaringan peserta didik terbaik di kedua bidang tersebut guna ikut berpartisipasi. Tujuan dari penjaringan ini tidak lain dan tidak bukan untuk menilai dan memilih secara objektif peserta didik yang berhak mewakili SDIT Alam IKM Al Muhajirin di tingkat wilayah Kalimantan Tengah.

Kegiatan penjaringan dilakukan pada hari Selasa, 22 Juni 2021 yang diikuti oleh 7 peserta dibidang matematika dan 8 peserta di bidang IPA yang masing-masing berasal dari kelas 3, 4 dan 5. Ke 15 peserta ini merupakan rekomendasi dari guru kelas dan guru mata pelajaran yang dianggap memiliki kemampuan memumpuni di bidang IPA dan Matematika untuk diikutsertakan dalam KSN.

Proses penjaringan pun dilakukan dengan standar acuan dari juknis yang telah ditetapkan oleh PUSPRESNAS, mulai dari kriteria soal, ketentuan pesera hingga waktu pengerjaan. Pada kesempatan ini, SDIT Alam IKM Al Muhajirin melakukan penjaringan secara offline dengan mematuhi protokol kesehatan. Penjaringan secara offline dimaksudkan untuk menghindari kecurangan dan melihat kemampuan asli peserta didik terkait dengan bidang keilmuan Matematika dan IPA.

Dari proses penjaringan ini nanti akan dipilih masing-masing 1 peserta didik terbaik di bidang matematika dan IPA. Harapannya kedua peserta didik yang terpilih dan mewakili SDIT Alam IKM Al Muhajirin di tingkat wilayah nanti dapat memberikan prestasi yang memuaskan.
Aamiin, Allahumma Aamiin