Senin, 29 April 2024
Sekolah Dasar

Berkuda

Berkuda

Motto : Sekolah Alam Berbasis Karakter dan Berakhlak Mulia

Penulis : Sri Widodianto

Outing Berkuda SAIM

Berkuda bukan hanya sekedar olahraga, melainkan anjuran sunnah Nabi Muhammad S.A.W sebagai olahraga favorit beliau. Peran sekolah Islam adalah mengenalkan dan membimbing anak-anaknya untuk merasakan bahkan menekuni olahraga yang di sukai oleh Nabi Muhammad tersebut. Ditengah-tengah arus modernisasi transportasi saat ini olahraga berkuda cenderung di pandang sebelah mata karena cenderung kuno. Banyak yang beranggapan bahwa berkuda hanya naik di punggung kuda serta untuk keperluan rekreasi saja. Tapi ternyata, meunggang kuda tidak semudah yang di bayangkan karena kita harus berani, seimbang serta tidak emosional. Selain itu, menunggang kuda juga mempunyai banyak manfaat yakni :

1. Manfaat Kesehatan

Menunggang kuda baik bagi kesehatan dikarenakan mampu mengolah fisik sipenunggang di daerah otot-otot kaki, punggung, dan juga bagian lengan. Orang yang sering berkuda akan cenderung sehat dan bugar

2. Manfaat Kesehatan Mental

Menunggang kuda sangat baik untuk kesehatan mental dan emosional karena disaat menunggang kuda kita dituntut untuk tenang dan konsentrasi penuh agar kuda dan arah lari sesuai yang kita inginkan. Keterampilan mendekatkan diri dengan hewan kuda yang kita tunggangi juga merupakan manfaat mental karena jika kita emosional dan cenderung gelisah maka kuda yang akan kita tunggani juga akan tidak bersahabat.

Berbagai manfaat menunggang kuda tersebut yang menjadi landasan kami Sekolah Alam IKM Al Muhajirin menjadikan Outing Berkuda sebagai program unggulan dalam mendidik peserta didiknya.