Selasa, 31 Januari 2023
Perguruan Tinggi

FMIPA Jalin Kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia

FMIPA Jalin Kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia

Universitas Brawijaya (UB) bersama lima perguruan tinggi melakukan penandatanganan MoU atau Penjajagan Kerjasama dengan Persatuan Akutuaris Indonesia (PAI) atau The Society of Actuaries of Indonesia, Selasa (25/1/2023).

Universitas Brawijaya diwakili oleh Dekan MIPA sekaligus Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati., MS., IPU., ASEAN Eng, Wakil Dekan Bidang Akademik Nurjannah, S.Si., M.Phil., Ph.D, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D, Dra. Sri Wardhani, M.Si   Ketua Bidang Kerjasama BPPM dan Syaiful Anam, S.Si., M.T.,Ph.D Dosen PS Sarjana Ilmu Aktuaria UB.

Prof. Sasmito Djati menjelaskan lingkup kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak adalah  pengembangan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia dalam bidang Ilmu Aktuaria.

Salah satu manfaat yang didapatkan dari Kerjasama ini adalah Penyetaraan Mata Ujian PAI untuk mahasiswa PS Sarjana Ilmu Aktuaria dan Mahasiswa PS Sarjana Matematika Departemen Matematika UB dan untuk mahasiswa PS Sarjana Statistika, Departemen Statistika.

Ada sebanyak tujuh mata ujian yang dapat disetarakan untuk PS Sarjana Aktuaria antara lain: A10 Matematika Keuangan, A20 Probabilita dan Statistika, A30 Ekonomi, A40 Akuntansi, A50 Metode Statistika, A60 Matematika Aktuaria dan A70 Teori Risiko. Tujuh mata ujian tersebut menjadi syarat untuk mendapatkan gelar profesi Associate of the Society of Actuaries of Indonesia (ASAI).

Sementara itu, ada pula satu mata ujian yang disetarakan untuk PS Sarjana Matematika yaitu A20 Probabilita dan Statistika dan untuk PS Sarjana Statistika ada 2 mata ujian.

“Dengan Penandatanganan MoU/PKS ini dengan PAI, Semoga PS Sarjana Ilmu Aktuaria semakin maju dan berkembang,”katanya.

 Program Studi Ilmu Aktuaria FMIPA UB menjadi salah satu Program Studi Ilmu Aktuaria terdepan di Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan daya saing lulusan melalui peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah menjalin Kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) / (the Society of Actuaries of Indonesia).

PAI merupakan organisasi nasional dari profesi aktuaris di Indonesia. ((SYA, 2023/Humas UB)