Sabtu, 11 Mei 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Promosikan UMKM Batik di Padukuhan Gunting

KKN UAD Promosikan UMKM Batik di Padukuhan Gunting

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) promosikan UMKM Batik di Padukuhan Gunting (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 Unit XIII.B.2 berkomitmen mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Batik di Padukuhan Gunting, Gilangharjo, Pandak, Bantul. Komitmen tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan promosi produk di media sosial.

Lebih detailnya, tim KKN UAD membantu mempromosikan UMKM Batik di Padukuhan Gunting dengan membuat konten di sosial media seperti YouTube dan Instagram. Menurut Muhammad Dhimas Alfa Reza selaku ketua unit, kegiatan promosi tersebut termasuk salah satu teknik promosi daring yang akan membantu meningkatkan pengenalan produk. “Terlebih lagi di era seperti sekarang, konten media sosial akan menaikkan batik jadi lebih dikenal,” terangnya.

Adapun UMKM Batik yang telah dibuatkan konten video promosinya oleh tim KKN UAD adalah UMKM Batik Lanthing atau Nayantaka. Pada Senin, 27 Februari 2023, mereka mengunggah video promosi tersebut ke YouTube dengan judul “UMKM Batik Lanthing di Dusun Gunting”.

Ke depannya, tim KKN UAD berharap promosi digital ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan sehingga dapat membantu menaikkan omzet penjualan di Padukuhan Gunting. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sebuah bentuk kontribusi nyata dari tim KKN UAD kepada masyarakat setempat dalam rangka membantu perekonomian.

Tim Unit XIII.B.2 terdiri atas Muhammad Dhimas Alfa Reza, Sinta Cahaya, Intan Puspita Devi, Okta Zuneiroh, Vandi Febriansyah, Lestari, Indri Juniarti, Muhammad Syafiq Akmal, dan Alfi Nisa Putri. Sedangkan untuk dosen pembimbing lapangan (DPL) yaitu Dr. Dyah Suryani, S.Si., M.Kes. (tsa)

uad.ac.id