Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul Raih Medali Silver pada Lomba Youth International Science Fair (YISF) di Bali.

Bantul-SMA Muhammadiyah Bantul berkomitmen untuk mendukung prestasi peserta didik baik akademik maupun non-akademik sesuai dengan minat bakatnya. Salah satunya tertuang dalam bidang penelitian dan karya tulis remaja. Tim peneliti SMA Muhammadiyah berhasil mengharumkan nama baik sekolah dalam ajang lomba internasional, yaitu YISF.

YISF (Youth International Science Fair) merupakan Hybrid Competition yang diselenggarakan oleh Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Universitas PGRI Mahadwa Indonesia (UPMI) Bali, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dan BUCA IMSEF Turki. YISF berlangsung secara online dan offline dan diikuti oleh 673 tim dari 23 negara. YISF belangsung dari 8 Maret s.d. 12 Maret 2023.

Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul berhasil meraih ‘Medali Silver’ dalam Engineering Category  pada Lomba Youth International Science Fair (YISF) yang diselenggarakan di Bali. SMA Muhammadiyah Bantul mengusung “N-VY SAVE: Movement Detection Capsules with IoT Based Security”. N-VY SAVE merupakan inovasi keamanan dengan media berbasis IoT dirancang untuk memandu pejalan kaki saat mereka berada dalam lalu lintas jalan. N-VY SAVE terdiri dari dua perangkat, yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Inovasi ini dirancang untuk mengurangi kasus kecelakaan lalu lintas dan untuk menjadi panduan media, terutama untuk pejalan kaki yang memiliki kebiasaan bermain gawai.

Vonny selaku ketua tim menyatakan, “Ketika kami mengikuti YISF, kami merasakan iklim berkompetisi yang baik. Saya mendapatkan banyak teman mancanegara yang luar biasa dan pengalaman berharga. Kami akan menambah wawasan mengenai pemrograman pada C , penggunaan microcontroller khususnya IoT, dan Node MCU 32. Kami akan terus berusaha menjadi lebih baik lagi untuk memeroleh medali emas pada ajang selanjutnya.”

Vonny Rizanti Syairtha, Norma Nisa Yuny Fajar Ayu, dan Aisyah Naila Basuki patut berbangga hati atas prestasi ini. Semoga sukses selalu Tim Peneliti SMA Muhamamdiyah Bantul. Semangat untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya. Semoga menjadi motivasi bagi SMA Muhammadiyah Bantul untuk terus berprestasi. SMA Muhammadiyah Bantul berkarakter dan berprestasi!