Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

On Boarding Talenta Wirausaha BSI 2023, Gandeng ULM Dalam Roadshow Terakhir

On Boarding Talenta Wirausaha BSI 2023, Gandeng ULM Dalam Roadshow Terakhir

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjadi tuan rumah dalam acara On Boarding Talenta Wirausaha BSI (TWB) pada Senin (21/3/2023) di aula lantai 1 Gedung Rektorat ULM Banjarmasin. Acara ini digelar oleh Bank Syariah Indonesia dan menjadi penutup rangkaian roadshow TWB yang digelar di beberapa kota besar di Indonesia.

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan di antaranya ekspo usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Inspiring speech yang diisi oleh Wali Kota Banjarmasin dan para pimpinan BSI. Acara ini juga diisi dengan talkshow “Muda Bertalenta. Muda Berwirausaha” bersama Ahdiat Zairullah, Juara III Kategori Pemula TWB 2022 dan Ahmad Rinaldi, Presma ULM 2021 yang kini juga merupakan seorang pengusaha muda. Ketua Divisi Kerja Sama TDA Arif Rahman dan Area Manager Naning Salasatain juga turut menjadi narasumber dalam talkshow ini.

Wakil Rektor ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Rusmin Nuryadin, S.E., M.Si hadir mewakili Rektor ULM untuk memberikan sambutan dalam acara ini. Dr. Rusmin menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan agenda ini di mana BSI melibatkan tidak hanya mahasiswa namun juga Wali Kota Banjarmasin sebagai perwakilan dari komponen pemerintahan.

Dengan adanya keterlibatan berbagai komponen mulai dari perusahaan, akademisi, hingga pemerintah, Dr. Rusmin optimis Indonesia dapat mengoptimalkan peningkatan angka wirausaha muda dan dapat mewujudkan generasi emas Indonesia di tahun 2045 mendatang. ULM sendiri, disampaikan Dr. Rusmin saat ini memiliki sekitar 600 mahasiswa yang aktif berwirausaha. Angka ini ditargetkan meningkat hingga 1.000 mahasiswa pada tahun ini.

Talenta Wirausaha BSI sendiri adalah program pelatihan dan penghargaan bagi wirausaha muda di seluruh Indonesia. Melalui program ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang mewujudkan ekosistem wirausaha di lingkungan kampus. Acara sosialisasi ini diharapkan dapat menarik minat mahasiswa khususnya di Kalimantan Selatan untuk berkompetisi menjadi wirausaha di ajang berskala nasional. Selain itu juga diharapkan dengan diadakannya acara ini dapat mendorong pengembangan sektor UMKM untuk dapat bertumbuh, unggul, dan berdaya saing global.