Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi Kebakaran, BEM FISIP Unpad Gelar “FISIP Sadar Bencana”

Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi Kebakaran, BEM FISIP Unpad Gelar “FISIP Sadar Bencana”

Laporan oleh Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran berkolaborasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran UPT Tanjung Sari mengadakan kegiatan “FISIP Sadar Bencana” di Gedung C Ruang 205, Kampus FISIP Unpad, Jatinangor, Sabtu (13/05/2023)

Ketua BEM FISIP Unpad Aditia Nugraha menuturkan, kegiatan FISIP Sadar Bencana merupakan pelatihan manajemen kebencanaan kebakaran. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar kesadaran mitigasi bencana dengan materi serta metode yang komprehensif.

Kepala Departemen Sosial Masyarakat BEM FISIP Unpad Malida Marissa juga menjelaskan bahwa program ini didasari oleh urgensitas pentingnya kecakapan dalam menghadapi kebencanaan yang mungkin terjadi di sekitar kita, terutama wilayah Jatinangor. FISIP Sadar Bencana menjadi sarana refleksi diri dan bersama untuk peka dan selalu tanggap terhadap kondisi sosial yang ada.

Lebih lanjut ia mengatakan program ini ditujukan untuk sivitas akademika FISIP Unpad dengan dihadiri oleh sejumlah perwakilan program studi. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh dua mahasiswa pertukaran pelajar dari Universiti Malaya yang tengah melaksanakan program student exchange di FISIP Unpad.

Kegiatan ini meliputi penyampaian materi mengenai api dan praktik langsung bagaimana memadamkan api. Selain itu diupayakan juga agar mahasiswa dapat menjadi first responder apabila bencana kebakaran terjadi. Hal tersebut harus didukung oleh pemahaman mahasiswa yang lebih dalam.

Kegiatan tersebut juga berupaya menyadarkan sivitas akademika untuk membekali diri dengan kesiapsiagaan bencana ketika menjalankan keseharian rutinnya di ruang publik. Dengan demikian, mereka akan dapat mendeteksi potensi ancaman dan mengetahui prosedur operasi standar untuk evakuasi jika terjadi bencana.

Untuk mengurangi risiko dari bencana, sangat penting bahwa setiap orang diberi pemahaman tentang prosedur keselamatan kebakaran bangunan. Menetapkan standar dan model bantuan bencana serta mensosialisasikannya adalah upaya holistik dalam kesiapsiagaan dan kesadaran bencana. (art)*