Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UPB UIN STS Jambi Kembali Turut Andil dalam Penyelenggaraan Selesksi Beasiswa Maroko 2023

UPB UIN STS Jambi Kembali Turut Andil dalam Penyelenggaraan Selesksi Beasiswa Maroko 2023

Jambi, [Humas UIN SUTHA]~~Untuk ketiga kalinya, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ditunjuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) tes seleksi besiswa Maroko yang diadakan oleh Konsorsium Pusat Bahasa Kementrian Agama RI. Seperti tahun 2022 lalu, Unit Pengembangan Bahasa-Language Center (UPB-LC) UIN STS Jambi kembali berkontribusi dalam pelaksanaan tes seleksi beasiswa ke Maroko tahun ini. (03/06/2023).

Secara keseluruhan, ada 1179 peserta yang mendaftar melalui 15 UIN seluruh Indonesia yang merupakan Perguruan Tinggi Penyelenggara. Sedangkan peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi di UPB UIN STS Jambi berjumlah 39 orang yang merupakan para siswa/i pondok pesantren yang ada di dalam dan sekitar Provinsi Jambi. Setelah melalui seleksi berkas, 29 peserta dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu tes CBT online.

Beberapa kegiatan telah dilakukan sebagai bagian dari proses seleksi, termasuk acara pembukaan dan pengarahan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Mei 2023, diikuti dengan kegiatan simulasi tes CBT online pada Sabtu, 26 Mei 2023, dan selanjutnya pelaksanaan tes CBT online pada hari Minggu, 27 Mei 2023 dan tes wawancara pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 yang bertempat di UPB UIN STS Jambi Telanaipura.

Dalam kegiatan simulasi yang dilaksanakan secara online dan offline, peserta diberikan gambaran dan pengarahan mengenai proses tes yang akan dilakukan. Selain itu, kegiatan simulasi juga dilaksanakan untuk meminimalisir masalah atau kendala yang mungkin dapat terjadi saat pelaksanaan tes.

Pada pelaksanaan tes hari Minggu, 27 Mei 2023, sebanyak 16 peserta melaksanakan tes dengan langsung datang ke gedung UPB Telanaipura, sedangkan 13 peserta lainnya melaksanakan tes di rumah masng-masing dengan pengawasan melalui Zoom. Tes CBT online ini berlangsung selama 60 menit di mana peserta harus menjawab 50 soal yang terdiri dari 20 soal Mufrodat, 20 soal Tarakib dan 10 soal Qiroah.

Salah seorang peserta mengatakan bahwa soal-soal pada saat simulasi terlalu mudah dan belum memunculkan kisi-kisi untuk soal tes sebenarnya, namun hal tersebut sesuai dengan prediksi karena ia sudah mengira bahwa soal tes tentunya akan lebih sulit daripada simulasi. Selain itu, untuk kali ini, minimum kelulusan tidak diberitahukan oleh pusat sehingga membuat para peserta menunggu dengan harap-harap cemas.

Hasil tes CBT online diumumkan pada hari Senin, 28 Mei 2023 pada pukul 15.00. Dari 29 peserta yang mengikuti seleksi di UPB UIN STS Jambi pada tahun ini, sebanyak 11 peserta lolos ke tahap berikutnya yaitu tes wawancara. Tes wawancara dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Juni 2023 secara langsung di UPB Telanaipura berjalan lancar. Kriteria yang diujikan pada tes wawancara kali ini meliputi hafalan Al-Qur’an, Qiroatil Kutub, serta wawasan keislaman dan kebangsaan. Adapun yang menjadi penguji pada tes wawancara di antaranya Sulhi Muhammad Daud Abdul Kadir, Lc., M.H., Zulfadli, Lc., dan H. Izzat Muhammad Daud, Lc., M.A. yang merupakan dosen-dosen yang berkompetensi dalam Bahasa Arab.

Kepala UPB UIN STS Jambi, Ust. H. Izzat Muhammad Daud, Lc., M.A. menyampaikan bahwa UPB merasa sangat bangga dan bahagia karena untuk ketiga kalinya secara berturut-turut bisa menjadi salah satu dari 15 PTP seleksi beasiswa Maroko. Namun, beliau juga menyampaikan bahwa antusiasme peserta tahun ini cukup berbeda dari tahun lalu, yang mana tahun ini peserta yang mendaftar lebih sedikit. Hal ini dikarenakan adanya persamaan jadwal dengan seleksi beasiswa ke Mesir dan Timur Tengah. Banyak calon peserta yang akhirnya memutuskan untuk mengikuti seleksi beasiswa ke Mesir.

“Dalami Bahasa Arab di semua skill, hafal Al-Qur’an dengan lancar, dan banyak membaca buku-buku tentang moderasi keagamaan dan kebangsaan karena hal-hal tersebut akan menentukan kelulusan,” ujar Ustad Izzat ketika ditanya pesan yang ingin disampaikan kepada calon peserta tahun depan.

Para peserta yang mengikuti seleksi tahun ini pun berpesan kepada calon peserta yang ingin mendaftar selanjutnya untuk perbanyak belajar dan hafalan, membaca buku, dan perlancar Bahasa Arab melalui praktek langsung, serta tidak lupa untuk meminta doa restu orang tua.

Hasil tes wawancara rencananya akan diumumkan pada hari Minggu, 4 Juni 2023.

~~humas~~