Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

AKHIRUSSANAH DAN WISUDA TAHFIDZ KELAS 9 MTsN 2 BOYOLALI

Boyolali – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2  Boyolali di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari menggelar akhirussanah kelas IX pada 10 Juni 2023. sejumlah 281 peserta didik kelas IX yang dilepas dan diwisuda. Terdiri dari 137 peserta didik laki-laki dan 144 perempuan.

Persiapan kegiatan akhirussanah diawali dengan gladi kotor dan gladi bersih pada hari Jum’at 9 Juni 2023 bakda sholat Jum’at. Keesokan harinya  pelaksanaan akhirussanah di mulai jam 07.00 WIB, tamu undangan terdiri dari orang tua wali peserta didik kelas IX, peserta didik kelas IX , tamu undangan dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan MTs N 2 Boyolali hadir di gedung GOR Balai Desa ketitang. Dalam Pra Acara menampilkan group hadrah  dan hiburan Karawitan MTsN 2 Boyolali, kemudian di lanjutkan kirab peserta didik kelas IX memasuki ruangan, dan dilanjutkan kirab bapak Kepala MTs N 2 Boyolali dan segenap tenaga pendidik dan kependidikan.

Selain melepas siswa yang telah lulus, Madrasah juga mewisuda 87 siswa tahfidz Alquran. Wisudawan telah menghafalkan Juz Alquran yang rinciannya adalah  72 peserta didik yang tahfidz juz 30, 9 peserta didik yang tahfidz juz 29 dan 30, 3 peserta didik yang sudah tahfidz jus ,28,29 dan 30 serta 3 peserta didik yang sudah tahfidz jus 27,28,29 dan 30. Untuk wisudawan tahfidz juga mendapatkan sertifikat yang sudah ditandatangani dan disahkan Bapak kepala Madrasah agar sebagai bukti bahwa peserta didik tersebut memang sudah menyelesaikan juz 27, 28, 29 atau 30.

Ibu Ziadah Kusniwati ,S.Pd,  Ibu Farida Hindrawati S.Pd dan Ibu Hanik Baroroh, S.Pd memandu acara demi acara berjalan dengan lancar, sedangkan Bp Rais Ihwanudin,S.Pd,M.Pd selaku ketua kegiatan Akhirusanah menjelaskan kegiatan akhirussanah kali ini berjalan lancar dan bertema “Prestasi Tiada Henti” . Yang artinya kegiatan akhirusanah dan wisuda tahun ini di barengi dengan pengambilan video film dokumenter yang kemudian akan diikut sertakan untuk Kompetisi Film Pendek Islami (KFPI) Tingkat Provinsi  tahun 2023 yang bertema “Agama dan Budaya”

“Alhamdullillah berdasarkan kriteria kelulusan tahun 2022/2023, MTsN 2 Boyolali lulus 100%,” ucap Kepala MTsN 2 Boyolali Arkanuddin,S.Ag.,M,.PdI. dalam sambutannya.

Di lain sisi, dalam acara akhirussanah ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Boyolali Taufiqur Rahman, S.Ag,M.Si. Dalam sambutannya Kankemenag kab. Boyolali menyanyikan lagu berjudul Ikan Dalam Kolam Untuk mensupport dan menyemangati peserta didik  dan berpesan kepada para wisudawan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Ibarat buah, lulusan MTs itu belum bisa di petik, belum matang baik dari sisi usia maupun dari sisi pendidikan. Lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kemudian nanti lanjutkan ke perguruan tinggi S1, S2 bahkan sampe S3.”Tambah Taufiqur Rahman.

“Luar biasa penyambutan saya ke madrasah.  Karena disuguhi penampilan  kolaborasi hadrah dan karawitan dari para peserta didik. Sudah kunjungan keliling Boyolali, baru di sini kolaborasi gamelan dan menyentuh hati,” ujar Taufiqur Rahman.

Sedangkan Bapak Darto selaku wali peserta didik dari Zahrotul Khoirunniyah kelas IXG berkomentar “acaranya tadi sangat luar biasa dan benar-benar bagus sehingga menggetarkan hati.”

Penghargaan peserta didik kelas IX berprestasi berdasar nilai akhir ijazah  oleh  Kepala Madrasah Arkanuddin, S.Ag.,M.PdI diberikan kepada

  1. Karina Safitri (IXB) dengan jumlah nilai 1465 rata-rata 91,6
  2. Thuba Al Khuld (IXB) dengan jumlah nilai 1453 rata-rata 90,8
  3. Arini Pujiastuti (IXA) dengan jumlah nilai 1452 rata-rata 90,8

Kegiatan Akhirussanah di akhiri foto bersama perkelas siswa kelas IX bersama wali kelas dan KAMAD MTs N 2 Boyolali dan pembagian SKL.

Adapun link Streaming Kegiatan akhirusanah https://youtube.com/live/S98R-3l3N-U?feature=share

Dan link spesial peform kolaborasi hadroh dan gamelan https://youtu.be/rta6zJR7mM0 (AA)