Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Terima Kunjungan PWI Lampung, Unila Sambut Baik Tawaran Kerja Sama

Terima Kunjungan PWI Lampung, Unila Sambut Baik Tawaran Kerja Sama

(Unila): Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Universitas Lampung (Unila) Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., menerima kunjungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung di ruang kerjanya, Senin, 10 Juli 2023.

Dalam kunjungan tersebut Ketua PWI Lampung, Wirahadikusumah didampingi Wakil Sekretaris PWI Lampung yang juga Tenaga Ahli Bidang Media Unila Ariyadi Ahmad, memaparkan beberapa tawaran program kerja sama.

“Ya, sesuai dengan program kerja saya sebagai Ketua PWI, pendidikan menjadi fokus utama. Maka kami ingin berkolabirasi dengan Unila terkait hal tersebut,” kata Wira.

Sebagai organisasi profesi wartawan tertua dan terbesar di Indonesia, lanjut Wira, PWI Lampung telah berkerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Lampung, baik terkait peningkatan kapasitas SDM wartawan berupa beasiswa, hingga publikasi.

Sebagai konstituen dewan pers, PWI Lampung terus mencetak wartawan profesional yang berkompeten melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Karenanya, kami ingin menjalin kerja sama dengan Unila, baik di bidang peningkatan kapasitas wartawan atau sebaliknya, kami menyediakan wartawan profesional untuk menjadi tenaga pengajar di jurusan komunikasi,” tuturnya.

Selain itu, tambah Wira, sebagai konstituen dewan pers, PWI memiliki program Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) yang dalam pelaksanaannya bisa berkolaborasi dengan Unila.

“SJI pernah bekerja sama dengan Unisco. Untuk kerja sama dengan Unila nanti bisa saja terkait pelaksanaan maupun kepesertaan mahasiswa magang,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Ayi Ahadiat menyambut baik tawaran tersebut dan akan segera menindaklanjuti. Dr. Ayi pun langsung meminta Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila Budi Sutomo untuk menindaklanjuti.

“Tentu ini baik sekali. Kami juga punya program Praktisi Mengajar. Ya, nanti kita coba rumuskan bagaimana pola kerja samanya,” kata dia.

Prinsipnya, lanjut Dr. Ayi, pihaknya terbuka pada siapa saja yang ingin berkontribusi di dunia pendidikan, termasuk dengan insan pers.

“Pers ini memang mitra kita. Kerja sama dapat dilakukan melalui magang, kurikulum, dan penyerapan lulusan perguruan tinggi,” ujarnya.

Ia berharap, kerja sama dengan PWI nantinya dapat menjadi wadah untuk menciptakan link and match antara perguruan tinggi dan dunia kerja. [Rilis]