Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

CCED Gelar FGD Hambatan Persiapan Karier Mahasiswa

CCED Gelar FGD Hambatan Persiapan Karier Mahasiswa

(Unila): Universitas Lampung (Unila) melalui UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (CCED) mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema Hambatan Persiapan Karier Mahasiswa, pada Selasa, 11 Juli 2023. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di ruang pelatihan CCED dan diikuti oleh mahasiswa dari delapan fakultas.

Kepala CCED Dr. Usep Syaipudin, M.S.Ak., saat membuka acara secara resmi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi mahasiswa dalam mempersiapkan karier mereka ke depan.

“Kinerja universitas salah satunya diukur dengan kualitas lulusan. Namun, berdasarkan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi, baru 41% alumni yang sesuai dengan IKU tersebut. Oleh karena itu, kami ingin mengetahui apakah ada faktor-faktor yang menghambat mahasiswa dalam meniti karier,” ujarnya.

Dr. Ranni Rahmayanthi Z., S.Pd., M.A., selaku Kepala Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karier CCED, menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang hambatan-hambatan karier bagi mahasiswa.

“Peserta adalah mahasiswa dari berbagai fakultas yang diharapkan dapat berdiskusi dan menggali hambatan-hambatan dalam persiapan karier mereka,” tambahnya.

Salah satu narasumber dalam FGD ini yaitu Moch. Joham Pratama, M.Psi., Psikolog., yang menjelaskan tentang definisi karier.

“Riset menunjukkan 81% mahasiswa tingkat akhir Unila masih memaknai karier secara sempit, yaitu hanya sebagai pekerjaan untuk mencari uang. Padahal, karier secara luas adalah profesi atau pekerjaan yang membawa kemajuan bagi kehidupan,” paparnya.

Kegiatan ini juga dihadiri para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni dari masing-masing fakultas di lingkungan kampus setempat.*