Sabtu, 11 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

DUA SISWI MTS MUHAKARTA BERHAK MENGIKUTI KSM TINGKAT PROVINSI 2023

DUA SISWI MTS MUHAKARTA BERHAK MENGIKUTI KSM TINGKAT PROVINSI 2023

Oleh: Eka Supriatna, S.Pd.I
HUMAS MTs Muhammadiyah Karangkajen

Perwakilan MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta (MTS MUHAKARTA) memperoleh dua Juara dalam KSM 2023. Prestasi pertama yang diperoleh ananda Fasilatun Az Zahra dalam mata pelajaran IPA Terintegrasi yaitu Juara 5. Kemudian prestasi kedua diperoleh Ananda Asma Nurmayliana memperoleh Juara 4 dalam mata pelajaran IPA Terintegrasi. Sehingga kedua siswi perwakilan MTS MUHAKARTA menjadi juara tingkat Kabupaten atau Kota dan berhak mengikuti KSM tingkat provinsi.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementrian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa Madrasah. Ada tiga mata pelajaran yang dilombakan pada KSM tahun 2023 yaitu IPS Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi. Pada setiap mata pelajaran tingkat satuan Pendidikan diwajibkan mengirimkan dua perwakilan pada setiap mata pelajaran. Sehingga setiap tingkat satuan Pendidikan diwajibkan mengirim enam siswa sebagai perwakilan dari setiap satuan Pendidikan.

Kemudian dalam pemilihan siswa mengacu pada hasil seleksi yang dilaksanakan oleh tingkat satuan Pendidikan. MTs MUHAKARTA melakukan seleksi dengan memilih perwakilan kelas yang dilihat dari hasil penilaian tertinggi guru mata pelajaran. Selanjutnya setiap perwakilan kelas di seleksi mengerjakan soal-soal yang mengacu pada soal KSM tahun 2022. Setelah mengetahui hasil pengerjaan siswa, maka ditentukan dua siswa yang nilai hasil pengerjaannya terbaik pada setiap maple yang sudah ditentukan.
Kepala Madrasah Badrudin ARK, S.Ag.,M.S.I., menugaskan Guru Mata Pelajaran untuk membimbing peserta KSM 2023 sebagai perwakilan MTs MUHAKARTA dengan menggunakan dua cara. Pertama menggunakan metode bimbingan online yaitu guru dan siswa diskusi membahas soal-soal KSM periode lalu yang notabenenya berbeda dengan soal reguler di sekolah.

Kedua menggunakan metode belajar secara tatap muka, guru memberikan gambaran dan wawasan yang lebih global serta cara-cara mengerjakan soal dengan lebih mudah tentang soal-soal yang sudah dikerjakan oleh siswa. Selain pembahasan soal ada juga yang menggunakan media pembelajaran berupa Video, informasi-informasi baru berkaitan dengan mata pelajaran. Sehingga siswa akan lebih terbiasa dan lebih mengenal dengan jenis soal yang digunakan.

Dalam membimbing bapak ibu guru juga tidak henti-hentinya memotivasi kepada siswa bahwa kita bisa dan harus memiliki motivasi kuat mengalahkan madrasah lain dalam ilmu, kita harus berjuang keras dan yakin menjadi pemenang. Sehingga dengan bekal pengetahuan yang dimiliki serta bimbingan dari guru pendamping yang mengantarkan dua siswi perwakilan MTS MUHAKARTA mendapatkan Prestasi luar biasa.