Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Pendapatan, Dosen Unimed Lakukan  Pendampingan dan Pembinaan Kelompok Usaha Tamimy Donat

Tingkatkan Pendapatan, Dosen Unimed Lakukan  Pendampingan dan Pembinaan Kelompok Usaha Tamimy Donat

Pengembangan usaha pasca covid-19 sangat dibutuhkan oleh kelompok usaha maupun usaha mandiri. Pasca keterpurukan berbagai lini usaha harus menjadi perhatian setiap instansi maupun dunia perguruan tinggi untuk saling membahu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Masyarakat. Salah satu dosen ekonomi Unimed Ibu Dr. Fitrawaty, M.Si merasa terpanggil untuk mengambil peran dalam upaya tersebut. Ibu fitra bersama dengan tim pengabdiannya Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Akmal Huda Nasution, SE., M.Si dan Drs. Pintor Simamora, M.Si melakukan diskusi dengan salah satu kelompok usaha Tamimy Donat yang diketua oleh Bapak Habibul Mustafa Tamini yang berlamat di perumahan Yasa Mekro Minimalis, Sunggal, Deli Serdang. Kelompok usaha ini menyampaikan beberapa permasalahan yang mereka hadapi untuk mengembangkan usahanya.

Permasalahan yang didiskusikan mendapatkan alternatif solusi yang akan dikerjakan bersama oleh tim pengabdi Unimed bersama dengan mitra, diantaranya untuk meningkatkan manajemen usaha melalui transfer ilmu pengetahuan dan penigkatan varian dan jumlah produksi melalui pemberian alat oven sesuai dengan kebutuhan mitra. Pada saat ini semua program telah hampir selesai dilaksanakan sesuai dengan rencana semula. Pelatihan manajemen baik pembukuan dan pemasaran serta pemberian alat kepada mitra sudah dilakukan. Seluruh tim telah melakukan upaya yang terbaik untuk dapat berkontribusi bagi ketercapaian program yang telah direncanakan.

Kegiatan pengabdian yang sudah berjalan hingga mendekati akhir kegiatan dirasakan oleh mitra sangat baik dalam meningkatkan usahanya. Bapak Habibul Mustafa Tamini mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim pengabdian Unimed yang telah berkontribusi meningkatkan usahanya. Berdasarkan penuturan bapak Mustafa ia telah merasakan dampak nyata dari kegiatan pengabdian ini seperti adanya peningkatan varian produk dari sebelumnya harus mengolah dengan cara menggoreng, sekarang sudah banyak produk yang dihasilkan dengan menggunakan oven yang diberikan oleh tim pengabdi. Disamping jumlah varian produk yang semakin banyak, ia juga mengatakan dapat meningkatkan jumlah produksi perharinya denga waktu yang relatif lebih singkat sehingga waktu untuk memasarkan produksnya lebih banyak. Dengan pengakuan dari mitra, analisa tim pengabdi, selama program berjalan, mitra telah merasakan dampak peningkatan pendapatan kelompok usahanya, sehingga ketua tim Monev LPPM Bapak Asran Siregar, SE berharap usaha ini dapat terus ditingkatkan agar berdampak yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.(Humas Unimed)