Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN tahun 2023

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN tahun 2023

uin-suska.ac.id Sukses pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru melalui 7 jalur, mulai dari sosialisasi, pendaftaran calon mahasiswa, pelaksanaan tes, pengumuman kelulusan hingga pendaftaran ulang, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau lakukan evaluasi terhadap sosialisasi terutama penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada selasa (15/08/2023) di salah satu Hotel di Pekanbaru dengan menghadirkan para Kepela Sekolah atau administrator sekolah se-Kota Pekanbaru. Acara dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M,Ag yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Kepala Biro AAKK, Kabag Akademik dan Admnistrator dan Humas Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dalam laporannya Hadi Saputra, SE sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa Evaluasi Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN tahun 2023 ini kami baru bisa menghadirkan peserta yang terdiri dari perwakilan SLTA/MA se-Kota Pekanbaru dan Admnistrator serta Humas Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 58 orang peserta. Sementara itu kegiatan evaluasi sosialisasi ini lebih kami difokuskan pada sosialisasinya, karena dari data yang kita dapatkan bahwa di Kota Pekanbaru ini yang mendafta di SPAN-PTKIN hanya 48 sekolah dari 86 sekolah yang ada.

Dari hasil evaluasi data, kita dapatkan bahwa yang lulus melalui jalur SPAN-PTKIN hanya 9 sekolah. Mungkin dengan berbagai banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak diterima melalui jalur ini, makanya menurut kami perlu dievaluasi dan mencari solusi untuk menghadapi SPAN-PTKIN tahun mendatang.
Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dalam arahannya menyampaikan bahwa beberapa tahun belakangan memang terjadi penurunan peminat untuk masuk ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, namun setelah memperbaiki system yang ada terutama bagian akademik sehingga pminat kita naik menjadi 39 ribu pada tahun 2022 dan 47 ribu tahun 2023 ini, tegas Khairunnas.


Perlu diketahu bahwa di SPAN-PTKIN imi kita hanya menerima 22 prodi yang khusus prodi agama. Jadi yang terpenting saat ini sebagai bahan evaluasi bahwa kedepan prodi-prodi Agama ini menjadi penting untuk pembangunan insan. Karena prodi agama yang tersebar pada 22 prodi ini mempunyai karakteristik masing-masing. Sehingga saya berpesan kepada pihak Akademik bahwa untuk menarik perhatian para siswa masuk ke Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau setiap prodi harus mempunyai satu karakteristik atau keunggulan sebagai ciri khas program studi tersebut. Karena Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang mempunyai visi integrative, sehingga karakternya dengan spiral antromeda menjadi suatu kekuatan yang tidak dimiliki oleh Perguruan Tinggi lain sehingga bagaimana kita bisa melakukan sosialisasi secara masif. Jelas Rektor.
Narasumber dalam kegiatan ini selain Rektor, juga akan disampaikan oleh Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau serta juga akan menggali kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam melakukan pendaftaran melalui jalur SPAN-PTKIN ini.

penulis : Huzaini