Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Semarak Karnaval Budaya Desa Umbulrejo

Semarak Karnaval Budaya Desa Umbulrejo

Umbulrejo – Karnaval budaya merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun ini dilaksanakan di Desa Umbulrejo pada Rabu, (06/09/2023). Karnaval budaya rutin digelar setiap tahunnya dengan tujuan sebagai ajang pelestarian budaya sekaligus untuk mempererat silaturahmi masyarakat khususnya warga di Desa Umbulrejo. Acara ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Umbulrejo termasuk keluarga besar MTs Negeri 7 Jember. Mulai dari kepala madrasah, wakil kepala (waka), dewan guru, staff dan karyawan serta siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember turut berpartisipasi dan memeriahkan acara ini. Karnaval budaya dimulai dengan rute awal pemberangkatan di Lapangan Voli Remus dan finish di Balai Desa Umbulrejo.

Barisan karnaval MTs Negeri 7 Jember menjadi barisan penghormatan karnaval budaya Desa Umbulrejo dengan pemberangkatan pada pukul 12.30 WIB. Ratusan siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember sangat bersemangat dalam mengikuti acara ini dengan memakai beraneka macam baju adat Indonesia dan kostum dengan berbagai tema. Adapun pembagian barisan MTs Negeri 7 Jember sebagai berikut : pasukan bendera, Matsanesa Festival Carnival (MFC), Bhinneka Tunggal Ika, profesi, pejuang kemerdekaan, dan tim tari MTs Negeri 7 Jember. Berbagai macam baju adat Indonesia ditampilkan pada karnaval budaya kali ini seperti baju adat Sumatra, Papua, Sunda, Betawi (Jakarta), Madura, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Pada barisan terakhir terdapat tim tari MTs Negeri 7 Jember yang membawakan beberapa atraksi tarian daerah yang memukau. Tidak hanya peserta, warga Desa Umbulrejo juga menyambut acara ini dengan penuh antusias. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya warga yang menonton di sepanjang jalur karnaval.

Karnaval budaya memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat Indonesia, diantaranya yaitu dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan cinta budaya Indonesia, mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk berperan aktif dalam melestarikan budaya bangsa, serta dapat memberikan motivasibagi generasi muda untuk mempertahankan dan mengembangkan seni budaya bangsa Indonesia secara kreatif. Oleh sebab itu, acara seperti karnaval budaya ini perlu diagendakan secara rutin sehingga mampu menggerakkan jiwa nasionalismedan memperkokoh identitas nasional bangsa.

@femdana