Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

BEM Kema Unpad Beri Penyukuhan Kartu e-Kusuka kepada Nelayan Desa Karangwangi

BEM Kema Unpad Beri Penyukuhan Kartu e-Kusuka kepada Nelayan Desa Karangwangi

[Kanal Media Unpad] Tim PPK Ormawa BEM Kema Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan penyuluhan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan Elektronik (e-Kusuka) untuk nelayan Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Balai Desa Karangwangi, pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Kartu e-Kusuka atau Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan merupakan identitas tunggal pelaku utama kelautan dan perikanan. Pelaku utama yang dimaksud adalah setiap orang yang mengelola sebagian atau seluruh kegiatan usaha kelautan dan perikanan dari hulu sampai hilir yakni nelayan, pembudidaya, petambak garam, pengolah ikan, dan pemasar ikan.

Kegiatan penyuluhan ini digelar dengan tujuan untuk menyosialisasikan fungsi program Kusuka di kalangan nelayan Desa Karangwangi melalui pemaparan materi dan diskusi. Melalui kegiatan ini juga tim PPK Ormawa BEM Kema Unpad membantu masyarakat desa dalam pembuatan kartu e-Kusuka. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kelautan Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Cianjur.

Sebanyak 106 nelayan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Saat sesi diskusi antara nelayan Desa Karangwangi dengan penyuluh, para nelayan tampak sangat antusias. Setelah sesi diskusi dan tanya jawab, tim PPK melakukan pengumpulan berkas dokumen persyaratan dari warga desa untuk pendaftaran kartu e-Kusuka.

”Kami berharap kegiatan ini dapat menjembatani nelayan dengan dinas pemerintahan terkait akses dan manfaat kartu Kusuka,” ujar Vini, mahasiswa Unpad yang bertugas sebagai penanggung jawab kegiatan penyuluhan. (rilis)*