Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Dasar

Musim Kemarau, SD Muhammadiyah Bodon Melaksanakan Salat Istisqa’

Siswa, Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Bodon Melaksanakan Salat Istisqa’

Ratusan siswa dan guru karyawan SD Muhammadiyah Bodon Kotagede Yogyakarta, melaksanakan salat istisqa’, Jumat (20/10/2023). Kegiatan ibadah ini sebagai bentuk ikhtiar meminta kepada Allah diturunkannya hujan.

Salat istisqa’ dilakukan di tengah kondisi musim kemarau, adapun pelaksanaan salat istisqa’ di halaman SD Muhammadiyah Bodon unit 2 (selatan). “Dengan semangat dan doa yang sungguh serta memohon ampunan kepada Allah, kita ikhtiarkan agar Allah menurunkan hujan,” ujar Kepala SD Muhammadiyah Bodon, Bapak Eko Rusyan Anan Prasetyo, S.Pd.Si, M.Pd.

Ustad Yuyun Sudarma selaku imam dan khotib salat istisqa’ mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan kepada para siswa ihwal salat memohon diturunkannya hujan “Kami mengedukasi anak-anak dengan mengenalkan tata cara salat istisqa’ serta diawali dengan memohon ampunan dari Allah Swt.” ujarnya.

Selain pelaksanaan salat istisqa’, terdapat kegiatan edukasi lainnya yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Bodon, yaitu mengajak siswa berbagi melalui LazisMu Cilik SD Muhammadiyah Bodon. Alhamdulilah, infaq terkumpul sebanyak Rp. 2.000.000,- yang selanjutnya diserahkan kepada LazisMu Banguntapan Utara untuk disalurkan ke wilayah yang membutuhkan air.

Kondisi musim kemarau tahun ini mengakibatkan kekeringan di sejumlah daerah sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Akibat kekeringan dan kekurangan pasokan air, beberapa daerah di Yogyakarta juga mengalami  gagal panen. Melalui penyaluran dana tersebut, diharapkan dapat membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih. (Syarifudin)