Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pengukuhan Pengurus BAKOHUMAS 2023-2028: UT dan UI Dilantik Bersama

Pengukuhan Pengurus BAKOHUMAS 2023-2028: UT dan UI Dilantik Bersama

Badan Koordimasi Hubungan Masyarakat (BAKOHUMAS) di bawah kooordinasi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (Kominfo) Kementerian Komunikasi dan Infromatika RI merupakan wadah yang berfungsi untuk menyampaikan, mengelola, mempromosikan, mendiseminasikan informasi-informasi Pemerintah. Dalam acara Pengukuhan Pengurus (BAKOHUMAS) Periode 2023-2028 dan Rapat Koordinasi Program Bakohumas Tahun 2024 di Hotel Westin Jakarta pada tanggal 23 Oktober 2023, tim Direktorat Pemasaran dan Kerja Sama (DPKS) Universotas Terbuka (UT) hadir pada acara Pengukuhan Pengurus BAKOHUMAS Periode 2023-2028 tersebut bersama delegasi dari instansi/lembaga lain, termasuk dari Universitas Indonesia (UI).

Acara dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (Kominfo) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Usman Kansong. Beliau menegaskan agar Bakohumas menjadi salah satu wadah kerja sama antar unit kerja bidang kehumasan dan berperan menjadi jembatan lintas badan publik, dalam mengoordinasikan alur pengelolaan komunikasi publik nasional. Selanjutnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI yang diwakili Sekjen Kemendagri memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan kini telah terdapat pergesaran tata kelola informasi yang semula tersentralisasi sebagai aktor tunggal, bergeser menjadi terdesentralisasi dan multi aktor. Untuk itu para insan Humas yang pada umumnya mempunyai peran strategis dalam penyaluran informasi resmi dari instansi terkait.

Kini strategi pengelolaan Humas haruslah menjadi kanal-kanal penghubung informasi yang berbasis data demografis karena kini masyarakat Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z. Pemahaman atas dua kelompok di era digital mejadi penting, titik kunci keberhasilan penyebaran informasi adalah harus memastikan dapat terhubung dengan generasi milenial dan Gen Z yang aktif di media social (IG, TIktok, Youtube). Dua kelompok tersebut pada umumnya mengikuti akun-akun yang dianggap relevan dengan minat dan kebutuhan mereka serta mereka terhubung dengan berbagai sumber informasi sehingga mereka mendapatkan berita dari berbagai sudut pandang.

Dalam melaksanakan strategi pengelolaan informasi, Humas perlu menggunakan media sosial (posting video pendek cerita menarik), dikemas dalam bahasa yang sederhana (langsung, jelas, ringkas), menggunakan visualisasi (data, gambar, infografis), menerapkan prinsip  kredibilitas dan transparansi, serta menggunakan narasumber berusia muda. Selain itu, Humas saat in juga harus melakukan mitigasi perkembangan AI dan ancaman teknologi Deepfake bagi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024.

Selanjutnya, Bapak Hasyim Gautama Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan dasar hukum dari keterbukaan informasi dan visi Bakohumas adalah mengembangkan kompetensi professional Humas untuk mendukung membangun reputasi positif insititusi dan bangsa Indonesia. Profil Bakohumas ada 136 unsur terdiri dari 34 Kementerian, 57 Lembaga, 40 BUMN/D, dan 5 PTN. Aktifitas Bakohumas adalah: 1) diseminasi Bersama narasi tinggal melalui kanal komunikasi public yang dikelola anggota Bakohumas, 2) forum tematis Bakohumas, 3) Anugerah Media Humas. Adapun kanal komunikasi publik yang dikelola Sekretariat bakohmas adalah media social dan GPR Widget.

Struktur pengurus Bakohumas yang dilantik mempunyai ruang lingkup bidang kepengurusan antara lain bidang Diseminasi Informasi, bidang Hubungan antar Lembaga dan advokasi, dan bidang SDM dan Organisasi. Capaian rapat pengembangan Program Bakohumas 2024 adalah 1) tersussunnya rekomendasi pengelolaan Bakohumas 2024, matriks rekomendasi Agenda Setting Isu Prioritas 2024, matriks rekomendasi program bidang diseminasi informasi 2024, bidang hubungan antar Lembaga 2024, dan bidang matriks rekomendasi program bidang SDM 2024. Dalam hal ini UT masuk dalam bidang SDM dan Organisasi bersama Universitas Indonesia (UI). Dalam formasi kepengurusan Bakohumas 2023-2028 tersebut, hanya ada dua universitas yang dilibatkan, yaitu UI dan UT. Menjadi suatu kebangaan, UT dipercaya untuk turut berkiprah berpartisipasi menyuarakan informasi pemerintah. Sebelum acara pengukuhan secara resmi, Budi Arie Setiadi Menteri Kominfo RI sebagai keynote speech menyampaikan Bakohumas sebagai wadah bagi Humas Pemerintah, perlu berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menjalankan fungsinya sebagai komunikator publik. Beliau juga mengupas tren  kehumasan pemerintah di era digtal, yaitu perkembangan kanal komunikasi digital dan komunikasi publik berbasis data. Sedangkan tantangannya adalah bagaimana mengadopsi teknologi untuk diseminasi informasi dan potensi kekacauan informasi. Pak Budi pun mengakhiri sesi pengukuhan dengan mengucap selamat berdedikasi kepada pengurus yang dikukuhkan dengan memberikan pin tanda penugasan. Menkominfo mengharapkan Pengurus Bakohumas periode 2023-2028 dapat menguatkan kinerja hubungan masyarakat pemerintah dalam pelayanan publik berkualitas.