Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Wisuda UNJA ke-105, Luluskan 1.141 Wisudawan

Wisuda UNJA ke-105, Luluskan 1.141 Wisudawan

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) menggelar Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi ‘Wisuda ke-105 Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Diploma Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024’, pada Sabtu (28/10/2023), bertempat di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo.

Kali ini UNJA resmi mewisuda sebanyak 1.141 orang wisudawan/ti dengan rincian Doktor sebanyak 9 wisudawan, Magister sebanyak 38 wisudawan, Profesi sebanyak 96 wisudawan, Sarjana sebanyak 957, Program Diploma (D3) sebanyak 40, dan Program Diploma (D4) sebanyak 1 wisudawan.

Wisuda 105 difokuskan hanya pada 4 Fakultas, dengan 3 Fakultas dan Pascasarjana akan dilaksanakan pada Wisuda ke-106 pada Selasa (31/10/2023).

Ada pun jumlah wisudawan berdasarkan fakultas yaitu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 255 wisudawan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 331 wisudawan, Fakultas Pertanian sebanyak 192, Fakultas Pertanian sebanyak 383 wisudawan, serta Fakultas Sains dan Teknologi (FST) sebanyak 172 wisudawan.

Hadir dalam kegiatan wisuda tersebut, Rektor Universitas Jambi, Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kamahasiswaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Ketua Senat, Dekan FEB, Dekan FST, Dekan FAPERTA, Dekan FKIK, Guru Besar di Lingkungan Universitas Jambi, serta Tamu Undangan lainnya.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan/ti. Beliau juga memaparkan mengenai program-program yang telah dan akan dilakukan UNJA ke depannya.

“Dalam kesempatan ini kami selaku pimpinan Universitas Jambi mengucapkan selamat kepada para wisudawan Universitas Jambi ke-105. Bahwasanya mulai hari ini saudara-saudari wisudawan sekalian telah resmi menjadi alumni Universitas Jambi yang baru,” ucap beliau.

“Universitas Jambi dalam waktu dua tahun dapat diselesaikan dengan validitas 98,9% sehingga bisa mengikut Program Kompetisi Kampus Merdeka Liga 1 yang mensyaratkan persentase pelaporan di PD-DIKTI sebesar minimal 95%. Pada persoalan akreditasi program studi Hal tersebut menjadikan pencapaian IKU 8 (Persentase prodi terakreditasi internasional) sebesar 8.89% (8/90) telah melampaui target 5%,” lanjut Rektor.

 

Beliau menuturkan bahwa dengan berbagai program, kegiatan, dan sasaran yang ada (dalam payung platform UNJA SMART) maka berdampak pada peningkatan akreditasi program studi dan perubahan UNJA dari PTN-BLU menjadi PTN-BH. Merujuk pada PTN-BH Analytics diperoleh skor yang melampui skor minimum yang dipersyaratkan (300), yakni 346 (skor diperoleh per Agustus 2023).

“Mulai hari ini, saudara-saudari wisudawan sekalian telah resmi menjadi alumni Universitas Jambi yang baru. Untuk itu besar harapan kami saudara sekalian agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan almamater tercinta ini, serta dapat ikut berperan serta dalam program-program pengembangan institusi yang telah ada,” pungkas Rektor.

Gubernur Jambi mengutarakan apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas Jambi yang telah melahirkan lulusan ulumni yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Pada kesempatan ini, saudara dan saudari di wisuda, seremoni kelulusan setelah saudara-saudari semua menyelesaikan pendidikan di UNJA ini merupakan puncak proses panjang yang anda lalui selama kuliah di UNJA. Saya mengapresiasi yang setinggi tingginya pada hari ini unja kembali melahirkan para alumni yang jumlah nya tidak kecil yaitu 1141 orang, mereka tentunya menjadi bagian dari kami pada pemerintah daerah, mereka akan menjadi dosen, guru dan lainnya,” ujar Gubernur.

“Tentu kita harapkan dengan SDM yang dimiliki, mereka siap pakai langsung bergabung dengan masyarakat. Misi Kita adalah ingin cepat membangun daerah ini maka perlu SDM yang handal, yang mumpuni, dan yang bisa terus melanjutkan menjadi harapan pemerintah daerah. UNJA setiap tahunnya terus melahirkan para alumni yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami ucapkan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, Ketua Senat yang terus berkarya untuk kampus UNJA ini, kami juga memberikan bantuan Beasiswa Dumisake pada tahun 2023 sebesar 1,4 miliar,” tutup beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo/ Welsa / Kaka / HUMAS
Foto: Arvan / Iswanto