Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Usung Tema Bio Briket Nipah sebagai Sumber Energi Alternatif, Tim UNJA Juara LKTI Nasional

Usung Tema Bio Briket Nipah sebagai Sumber Energi Alternatif, Tim UNJA Juara LKTI Nasional

MALANG,- Tim mahasiswa Program Studi DIII Kimia Industri Universitas Jambi (UNJA) yang terdiri dari Dinda Suci Ramadhani, Laila Oktapia, dan Putra Surya Pandawa Yudha berhasil meraih Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dalam kegiatan ‘National Literacy 2023’ yang dilaksanakan secara luring di Universitas Politeknik Negeri Malang pada 12 Oktober 2023.

Bertanding dengan 11 tim lainnya, tim UNJA berhasil menjadi juara 3 di babak penyisihan dengan judul ‘Eksplorasi Biobriket Nipah Kampung Laut sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan Guna Mendukung Ketahanan Energi Nasional’. Ide ini dinilai tim penilai sangat menarik terkait isu krisis energy, sehingga Biobriket Nipah dapat dijadikan salah satu sumber energi alternatif terbarukan.

“Ide ini berangkat dari sebuah program Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat di daerah Kampung Laut. Dengan adanya program ini menjadi peluang dan momentum untuk mengikuti LKTI-Nasional ini, dan tim berdiskusi dengan Dosen Pendamping untuk dapat mengikuti lomba ini,” ungkap Dinda.

Mereka mengungkapkan rasa terima kasih kepada UNJA yang telah mendanai selama perlombaan berlangsung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UNJA yang telah memberikan pendanaan kepada tim kami untuk mengikuti perlombaan ini di Malang. Semoga UNJA semakin jaya,” ungkap mereka.

Restina Bemis, S.Si., M.Si. selaku Dosen Pendamping mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh mahasiswanya.

”Alhamdulillah, selamat untuk prestasinya dan semoga selalu semangat dalam berkarya. Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi Prodi DIII Kimia Industri karena mampu menjadi juara di tingkat nasional,” tutur beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Juwita / HUMAS / ist*