Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Akhir Perjalanan Panjang Kihajar STEM 2023

Akhir Perjalanan Panjang Kihajar STEM 2023

Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemdikbud kembali melaksanakan Kihajar STEM di tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung dari Agustus Hingga November. Tahapan Awal kegiatan Kihajar STEM di selenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2023 (Level Basic). Pada tahapan awal ini, SMAN 9 Padang mengirim 18 tim sebagai wakil sekolah di ajang Nasional tersebut. dari 18 tim, hanya 4 team yg lanjut ke tahapan intermediate. Hal ini menjadi pelajaran tersendiri bagi sekolah untuk mempersiapkan lebih baik lagi.

26 Agustus 2023 menjadi kali kedua SMAN 9 padang mengikuti ujian Kihajar STEM untuk dapat maju ke tahapan advanced. pada tahapan intermediate hanya 2 teaim terbaik di provinsi yang dapat maju ke Tahapan advanced. Berkat kerja keras tim Kihajar STEM SMAN 9 Padang beserta pembina, tim SMAN 9 Padang dan tim SMAN 10 Padang dinyatakan maju ke tahapan advanced. Tim yang maju ke tahapan ini, di haruskan membuat sebuah proyek STEM dengan memilih 1 tema dari 4 tema yang disediakan. Tim SMAN 9 mencoba melangkah maju dengan Proyek Tajirnya (Teknologi Antisipasi Banjir.) Proyek ini didasari banyak nya daerah-daerah rawan banjir umumnya, ruang Guru SMAN 9 padang yang rawan banjir saat hujan lebat khususnya.

Video Proyek Kihajar STEM Tahap Advanced

Tema Tajir yang diusung SMAN 9 Padang berbuah manis. proyek ini membuat tim SMAN 9 Padang Maju ke babak final. pada tahap ini, Tim diminta untuk mempresentasikan proyek yang telah dibuat kepada pihak BLPT Kemdikbud secara daring. Berbagai persiapan dipersiapkan demi memberikan presentasi yang jelas dan baik. Mulai dari kamera, mikrofon, latar, pakaian di persiapkan. selain itu, tim Kihajar STEM SMAN 9 Padang juga mempersiapkan diri dengan melatih pengucapan agar jelas dan lancar saat presentasi. Setelah perjuangan yang panjang dari bulan Agustus 2023, tim Kihajar STEM SMAN 9 padang di undang ke oleh BLPT Kemdikbud untuk menerima penganugerahan sebagai Juara umum SMA.