Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Siswa SMAN 9 Berhasil Kantongi Medali Perunggu di Porwil Sumatra XI

Siswa SMAN 9 Berhasil Kantongi Medali Perunggu di Porwil Sumatra XI

Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI – Riau merupakan ajang untuk meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera, sekaligus sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kegiatan ini secara resmi dibuka di Halaman Kantor Gubernur Riau, pada Sabtu (4/11/2023) malam oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) yang diwakilkan oleh Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera.

Ada 10 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porwil Sumatera XI ini. Sepuluh cabor itu yakni, Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Renang, Atletik, Wushu, Barongsai, Catur, dan E-Sport. Tedapat 8 Provinsi yang berlaga dalam event tahun ini, diantaranya Provinsi Sumatra Barat 227 atlet akan mengikuti 10 Cabor, Provinsi Bengkulu 112 atlet akan mengikuti 8 Cabor, Provinsi Jambi 172 atlet akan mengikuti 8 Cabor, Provinsi Bangka Belitung 109 atlet akan mengikuti 8 Cabor, Provinsi Kepulauan Riau 109 atlet akan mengikuti 8 Cabor, Provinsi Lampung 154 atlet akan mengikuti 9 Cabor, Provinsi Sumatra Selatan 142 atlet, akan mengikuti 9 Cabor, serta Tuan Rumah Provinsi Riau dengan 217 atlet yang akan mengikuti pada 10 Cabor.

Pada Cabor Renang, Siswa SMAN 9 Padang menjadi salah seorang kontingen yang dikirim Sumatra barat pada porwil 2023 yang diadakan di Riau ini.

Alkautsar atau yang dikenal dengan panggilan Al ialah atlit renang yang bersekolah di SMAN 9 Padang. Siswa yang baru duduk dikelas 1 SMA ini berhasil mengantongi medali perunggu pada lomba renang 1500 gaya bebas. Kemenangan Al menambah perolehan medali bagi Sumatra barat Pada Pekan Olahraga Wilayah XI – Riau tahun 2023.