Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SERU! Gelar Karya dengan Nobar Film Pendek Buatan Siswa-Siswi SMANSALI

SERU! Gelar Karya dengan Nobar Film Pendek Buatan Siswa-Siswi SMANSALI

SMANSALI POS— Gelar karya P5 SMA Negeri 1 Pemali tahun ajaran 2023/2024 untuk yang pertama kalinya telah dilaksanakan pada Jumat (01/12/2023). Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh siswa/i kelas X dan XI SMA Negeri 1 Pemali. Kegiatan ini dilaksanakan pada tiga lokasi berbeda, yaitu Pendopo yang berisikan kelas X1 hingga X3 dan kelas XI7 hingga XI9, Ruang Bina Mental yang berisikan kelas X4 hingga X6 dan kelas XI4 hingga XI6, dan Ruang Multimedia yang berisikan kelas X7 hingga X8 dan kelas XI1 hingga XI3.

Sebelum kegiatan Gelar Karya dilaksanakan, pada pagi harinya seluruh siswa/i  SMA Negeri 1 Pemali kelas X, XI, dan XII melaksanakan kegiatan sarapan pagi bersama di lapangan basketnya, dengan membawa bekal 4 sehat 5 sempurna. Sehabis sarapan bersama siswa/i SMA Negeri 1 Pemali diarahkan untuk membersihkan kelas masing-masing, mempersiapkan ruangan yang akan dipakai pada Ujian Akhir Semester. Pukul 09.00 siswa/i telah berkumpul pada ruangan yang telah ditentukan, dan mulai diarahkan untuk menyimpan handphone masing-masing agar tidak digunakan selama gelar karya.

Gelar Karya P5 ini menampilkan film pendek hasil karya siswa/i SMA Negeri 1 Pemali dengan tema yang berbeda, yaitu kelas X memiliki tema “Sehat Reproduksi”. “Pernikahan dini” , dan “Budaya Nganggung”. Sedangkan kelas XI memiliki tema “Kekayaan Dan Keberagaman Indonesia”. Film pendek ini memiliki batas durasi maksimal yaitu 10 menit. Urutan pemutaran film pendek ini juga menggunakan sistem undian, akan tetapi tidak semua film diputar, hanya film dari kelas yang berada di satu ruangan itu saja yang diputar mengingat waktu yang singkat, yaitu di jadwalkan beres gelar karya sampai pukul 10.50 wib.

“Dengan mengusung tema toleransi antar umat beragama, Film pendek P5 kali ini begitu berkesan. Mulai dari perjuangan menulis naskah hingga suka duka proses pembuatannya, Semoga pada gelar karya selanjutnya bisa lebih keren lagi dengan ide yang kreatif dan inovatif tentunya.” ujar Aleisyah, salah seorang siswa yang menyampaikan kesan dan pesannya pada gelar karya kali ini.

Antusias para siswa/i menghiasi ruangan dengan tepuk tangan yang meriah ketika setiap film berakhir. Film pendek hasil karya siswa/i ini tidak hanya memberikan pelajaran yang berkaitan dengan masing-masing tema, namun juga menghibur siswa/i dan guru yang ikut menyaksikan.

Jurnalis: Dwi Friska Romauli & Tim Jurnalistik SMANSALI