Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UB Gelar Pelatihan Aplikasi Pencatatan Keuangan Bagi Rumah Tangga dan UMKM

UB Gelar Pelatihan Aplikasi Pencatatan Keuangan Bagi Rumah Tangga dan UMKM

Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya bekerjasama dengan Pemerintah Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang menggelar pelatihan pencatatan keuangan bagi rumah tangga dan usaha mikro, kecil menengah (UMKM) untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga masyarakat memiliki pemahaman mengenai pentingnya pencatatan keuangan, pada Selasa (30/11/2023).

Dari sisi kiri Dr. Ika Ruhana, S.Sos, M.SI, Dr. Anni Rahimah, S.AB, M.AB, Ph.D, Ketua PKK Desa Permanu, Dr. Nur Imamah, S.AB., M.AB, Ph.D, dan Reika Happy Sugiastuti, S.AB., M.AB

Adapun kegiatan ini diprakarsai oleh tim pengabdian Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) yang terdiri dari Dr. Nur Imamah, S.AB., M.AB, Ph.D sebagai ketua dengan beranggotakan Dr. Ika Ruhana, S.Sos, M.SI, Dr. Anni Rahimah, S.AB, M.AB, Ph.D, dan Reika Happy Sugiastuti, S.AB., M.AB, serta dua mahasiswa Diana Puspita Sari dan Naufal Farras Alfattahau.

“Dalam upaya membangun kemandirian ekonomi, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini perlu dilakukan adanya pelatihan mengenai pencatatan keuangan bagi keluarga dan UMKM yang harapannya dapat mengedukasi pentingnya pencatatan setiap transaksi keuangan secara teratur dengan menggunakan media aplikasi digital” ujar Nur Imamah.

Menurut Reika salah satu anggota tim pengabdian masyarakat, mayoritas rumah tangga dan UMKM di Desa Permanu ini menghadapi masalah yang sering biasa terjadi yaitu kurangnya pemahaman dan literasi mengenai manajemen keuangan. Minimnya edukasi dan pemahaman yang dimiliki rumah tangga dan para UMKM berdampak terhadap kurang maksimalnya kinerja keuangan mereka.

“Para UMKM dan ibu-ibu rumah tangga ini  mempunyai asumsi jika selama ada uang, maka rumah tangga ataupun usaha yang mereka jalani dianggap berhasil. Meskipun kenyataannya, seringkali penganggaran dilakukan dengan perkiraan saja” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan materi yang meliputi dasar-dasar pencatatan keuangan, pembuatan catatan keuangan sederhana, serta penerapan teknologi untuk memudahkan pencatatan keuangan tersebut. Selain pemberian materi tersebut, tim pengabdian FIA UB juga melakukan penerapan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi digital yang tersedia di Play Store secara langsung.

“Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, harapan kami dalam rencana tahap selanjutnya yaitu, melalui materi yang kami berikan mengenai aplikasi pencatatan keuangan dan praktek penggunaan aplikasi tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan ini menjadikan kegiatan ekonomi pelaku UMKM dan rumah tangga di Desa Permanu dapat meningkat secara berkelanjutan,” ujar Anni Rahimah. (*OKY/Humas UB).