Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAN 1 Pringgarata Memperingati Isra’ Mi’raj 1445 H dirangkai dengan Istigosah

SMAPTA-Peringatan isra’ mi’raj dengan tema momen isra’ mi’raj kita tingkatkan hablum minalloh melalui sholat lima waktu dan hablumminannas melalui taat tata tertib sekolah yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 26 Januari 2024 bertepatan dengan tanggal 15 Rajab 1445 H.
Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Lina Apriana. Pada peringatan isra’ Mi’raj ini kepala sekolah SMAN 1 Ptinggarata Akhmad Husni, S.Pd., M.M. menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh.

Sambutan Kepala Sekolah Akhmad Husni, S.Pd., M.M

Peringatan isra’ mi’raj ini juga diisi dengan kajian yang disampaikan oleh ust Hablul Warid, S.Ag., M.Pd. tentang pentingnya peringatan isra’ mi’raj tidak hanya sekedar memperingati namun yang lebih penting adalah kita dapat mengambil hikmah dari peristiwa isra’ mi’raj. Peristiwa ini merupakan peristiwa luar biasa di luar nalar manusia saat itu sehingga ada dikalangan kafir qusaisy yang mengingkari dan menganggap Nabi Muhammad sudah sempurna kegilaannya. Namun peristiwa tersebut saat ini sangat relevan dengan perkembangan IPTEK bahwa peristiwa tersebut memang benar secara ilmiah.

Kajian hikmah peringatan isra’ mi’raj oleh Ust. Hablul Warid, S.Ag., M.Pd

Hikmah terpenting yang harus dipetik dari peringatan ini adalah betapa pentingnya perintah shalat yang menjadi indikator keberhasilan orang-orang mukmin di akhirat dan sebagai upaya yang paling tepat untuk meraih kesuksesan di dunia. Dalam perintah salat lima waktu yang telah ditentukan waktunya, mengandung pelajaran penting bahwa setiap langkah yang dijalani manusia harus dilandasi dengan tiga hal, yakni perencanaa, target, dan harapan. Sehingga shalat menjadi modal yang paling utama untuk meraih kesuksesan yang luar biasa.
Kegiatan peringatan isra’ mi’raj ini terlaksana dengan lancar dan khidmat.

Diujung acara dilanjutkan dengan istigosah dan doa bersama untuk kelancaran dan keberhasilan peserta didik kelas XII dalam menghadapi ujian akhir beberapa waktu akan datang.

Doa bersama untuk kelancaran ujian kelas XII dipimpin oleh Wiranom, S.PdI

Menanggapi kegiatan peringatan ini kepala sekolah SMAN 1 Pringgarata saat dihubungi di ruang kerjanya menyampaikan harapannya kedepan bahwa hikmah dari perintah shalat yang sudah ditentukan waktunya menjadi pembelajaran kepada peserta didik untuk menumbuhkan kedisiplinan dan mentaati tata tertib di sekolah, imbuhnya.