Senin, 06 Mei 2024
Pondok Pesantren

Ujian Tulis KMI: Pentingnya Kecerdasan Naluri dan Nurani

Ujian Tulis KMI: Pentingnya Kecerdasan Naluri dan Nurani

DARUSSALAM- Ujian Tulis bagi siswa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) telah dimulai. Bunyi lonceng pukul 07.00 WIB pada hari Kamis (15/2) menjadi tanda awal dimulainya ujian tulis tahun ajaran 2023/2024.

Sebagaimana yang biasanya dilakukan, sebelum memulai ujian para santri terlebih dahulu berkumpul di depan gedung Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) bersama Pimpinan Pondok dan Direktur KMI. Pimpinan Pondok terlebih dahulu memberikan nasihatnya kepada seluruh santri, dilanjutkan dengan pengarahan tata tertib ujian oleh Direktur KMI.

Suasana Pembukaan Ujian Tulis KMI yang diikuti oleh seluruh santri.

Hal-hal sekecil apapun berkaitan dengan ujian tidak luput dari perhatian bapak Direktur KMI. Mulai dari himbauan untuk datang ke tempat ujian tepat waktu, keseriusan mengikuti ujian, hingga larangan berbuat kecurangan.

Menurut K.H. Masyhudi Subari, M.A., ujian melatih seseorang dalam 3 hal:

  1. Melatih kapabilitas (Kafa’ah)
  2. Melatih konsistensi (Istiqomah)
  3. Melatih diri berdisiplin dan ikhlas menerima sesuatu.

Selain itu, beliau juga menekankan tentang pentingnya menjaga kesehatan fisik selama masa ujian. “Sangat memprihatinkan karena masih ada anak-anak kita yang terpaksa berbaring di atas kasur, dan mengikuti ujian dalam keadaan kurang sehat. Maka dari itu amatlah penting menjaga kesehatan diri masing-masing selama ujian berlangsung”, ujar beliau sesaat sebelum meresmikan pembukaan ujian tulis.

Siswa Akhir KMI selaku pembantu panitia ujian, ikut serta menyukseskan jalannya ujian.

Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal juga turut memberikan pesan dan nasihat kepada seluruh santri PMDG.

“Ujian adalah syarat untuk kenaikan tingkat. Tanpa melewati ujian seseorang tidak akan mampu melewati suatu tingkatan menuju tahapan selanjutnya. Di pondok ini diajarkan kecerdasan nurani dan naluri. Bukan cuma akal fikiran saja yang dicerdaskan, akan tetapi hati Nurani juga ikut dicerdaskan”, beliau berpesan dalam nasihatnya.

Sebab ujian yang dihadapi oleh para santri tidak sekedar di dalam kelas saja, tapi juga tentang mengurus diri sendiri untuk lebih disiplin dan teratur.

Pesan dan Nasihat Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal.

Ujian tulis siswa KMI akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari hari Kamis (15/2) sampai dengan Rabu (28/2). Seluruh materi yang telah disampaikan oleh para pengajar akan diujikan dalam bentuk soal ujian yang harus diselesaikan oleh para siswa.

Mudah-mudahan Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kemudahan dan kelancaran selama berjalannya ujian. Baik para siswa yang diuji, maupun bapak-bapak guru yang bertugas sebagai pengawas dapat menyelesaikan tugasnya sebaik mungkin.

Dan semoga para siswa mendapatkan hasil terbaik, sesuai dengan usaha yang telah mereka upayakan dalam menghadapi ujian ini. Allahumma Amin.

(Berita: Mahadi, Foto: Chauza, Reviewer: Riza Ashari).

Related Articles:

Siswa Akhir KMI 2024 Hadapi Ujian Tulis Dengan Percaya Diri

Ujian Tulis untuk Perkuat Mental dan Jiwa Spiritual Santriwati

Pembukaan Ujian Tulis, Santri PMDG Hadir Tepat Waktu