Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Aleisyah Virend dan Ikbar Kamulian Ambil Peran sebagai Duta Pepelingasih dalam Jamnas Relawan Lingkungan

Aleisyah Virend dan Ikbar Kamulian Ambil Peran sebagai Duta Pepelingasih dalam Jamnas Relawan Lingkungan

 

Pemali, SMANSALI POS – Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemali turut ambil peran sebagai Duta Pepelingasih dalam Jamnas Relawan Lingkungan. Siswa dan siswi tersebut ialah Aleisyah Virend (XI-5) dan Ikbar Kamulian (XII-1) yang berhasil menjadi perwakilan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Jambore Nasional Relawan Lingkungan pada tanggal 8-11 November 2023 di Batu Mentas, Desa Kelekak Datuk, Kec. Badau, Kab. Belitung.

Jambore Nasional Relawan Lingkungan dilaksanakan dalam rangka memotivasi dan menumbuhkembangkan generasi muda yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu, diharapkan mereka yang ikut berkontribusi dalam kegiatan ini mampu mengidentifikasi masalah kerusakan lingkungan, menjaga kelangsungan kelestarian keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistemnya, menyelenggarakan kegiatan pembekalan pengetahuan, pemahaman, dan kepedulian lingkungan dengan “Belajar Bersama di Alam” ,serta mengenalkan Jambore Relawan Lingkungan ke level Nasional, dalam bentuk Jambore Nasional Relawan Lingkungan Tahun 2023.

Kegiatan yang digelar oleh Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini diikuti ratusan relawan lingkungan sebagai peserta nasional dari 21 provinsi se-Indonesia, juga peserta lokal yang datang dari pulau Bangka-Belitung. Tidak hanya itu, 10.000 orang juga teredukasi di wisata alam Batu Mentas, mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga mahasiswa. Tak lupa dengan ratusan mahasiswa D3, S1, S2 yang melakukan penelitian, magang, hingga menyusun skripsi di Jambore. Dalam bidang konservasi, berbagai kegiatan konservasi flora, fauna dan lingkungan juga dilakukan.

Terdapat acara pembukaan yang dihadiri langsung oleh Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas), Wakil Ketua Harian FORDAS Nasional Prof. Said Adnan, Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Babel diwakilkan Staf ahli Eko Saleh, Wabup Belitung Timur, Khairil Anwar, beserta peserta Jambore perwakilan dari 21 Provinsi. Terdapat juga kegiatan sosialisasi dan pengenalan program-program DAS, serta penampilan pensi. Dilaksanakan juga beberapa kegiatan seperti Lomba Debat, Cara Pengolahan Limbah Sampah, Acara Internal dari DAS Nasional, Inovasi Sampah, serta kegiatan Jungle Trek di daerah Bukit Mentas.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan seperti ini karena saya bisa memperluas relasi saya, yang membuat saya memiliki banyak teman” ungkap Aleisyah Virend.

Aleisyah Virend dan Ikbar Kamulian merupakan pasangan Duta pepelingasih kabupaten Bangka pada tahun 2023. Pada kegiatan Jamnas Relawan Lingkungan ini Aleisyah Virend berhasil meraih juara pada Lomba Debat yang diselenggarakan oleh Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas).

Jurnalis: Dwi Friska Romauli S & Tim Jurnalistik Sekolah