Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

New Year, New Us! SMANSALI Gerakkan Program Baru di Awal Tahun 2024

New Year, New Us! SMANSALI Gerakkan Program Baru di Awal Tahun 2024

   

Pemali, SMANSALI POS – SMA Negeri 1 Pemali awali tahun dengan berbagai program peningkatan karakter kepada siswa/i-nya. Salah satu program tersebut yang dilaksanakan setiap Jumat dikenal dengan nama Kegiatan Keputrian. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswi SMANSALI dan dilaksanakan secara bergantian per-angkatan tiap Jumatnya. Program ini melibatkan para siswi, guru pembimbing, serta narasumber dari luar sekolah yang saling berbagi motivasi, wawasan, serta pengalaman dengan diselingi ice breaking atau mini games. Kegiatan Keputrian bertujuan untuk menguatkan karakter dan mental, serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswi SMANSALI. Kegiatan Keputrian telah dijalankan dan mendapat berbagai tanggapan positif dari para siswi dan guru. Di waktu yang sama juga, siswa laki-laki melaksanakan sholat Jumat di sekolah secara bergantian per-angkatan di mushola dan masjid terdekat.

“Kegiatannya cukup seru dan bermanfaat terutama bagi kami para remaja perempuan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi antar siswi” ungkap Dwi Agustira selaku salah satu siswi yang terlibat kegiatan keputrian.

Selain itu, para siswa/i SMANSALI kembali membangun budaya ibadah sholat dhuha bagi siswa/i pemeluk agama Islam. Pihak sekolah membuat jadwal tersendiri untuk melaksanakan sholat dhuha agar para siswa/i lebih teratur dalam menjalankannya. Mushola digunakan oleh para siswa untuk sholat dhuha, sedangkan para siswi menggunakan Ruang Bina Mental. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai. Harapannya dengan menghidupkan kembali budaya sholat dhuha dan Kegiatan Keputrian, spiritualitas siswa-siswi SMANSALI meningkat dan terbentuknya karakter Pelajar Pancasila yang beriman dan bertaqwa, selaras dengan peningkatan profil pelajar Pancasila.

Ditulis oleh : Novia Pastiani dan Tim Jurnalistik SMANSALI