Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Kuliah Umum Jurusan Biologi FMIPA UNIMED Bahas Lebih Dalam Pentingnya Insekten dalam Pertanian

Kuliah Umum Jurusan Biologi FMIPA UNIMED Bahas Lebih Dalam Pentingnya Insekten dalam Pertanian

Jurusan Biologi FMIPA Unimed melaksanakan kuliah umum pada (26/03) melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan kuliah umum rutin yang dilaksanakan dengan menghadirkan pakar-pakar bidang biologi sebagai upaya memberikan pengetahuan, wawasan dan skill bagi dosen, mahasiswa, dan praktisi biologi.

Kegiatan ini juga menjadi bentuk peran aktif dalam mengembangkan ilmu biologi secara nasional. Pada Kuliah umum mengangkat topik “Exploring Insects Molecular Approaches for Improvement in Agriculture Medical and Conservation” dengan menghadirkan narasumber dari Universiti Kebangsaan Malaysia Assoc. Prof. Dr. Salmah Yaakop (Centre for Insect Department of Biological Science and Biotechnology, Faculty of Science and Technology).

Dalam pembukaan, Wakil Dekan I FMIPA Dr. Jamalum Purba mengapresiasi dan mendorong Jurusan Biologi untuk secara konsisten menyelenggarakan kuliah umum secara rutin sebagai sarana penguatan pemahaman dan wawasan keilmuan pada bidang biologi sebagai salah satu ilmu dasar yang terus mengalami perkembangan. Kita berharap jurusan biologi dapat menjadi penggerak dalam melahirkan aktivitas-aktivitas akademik yang mampu memberi pencerahan bagi ilmuwan dibidang yang kita geluti

Prof. Dr. Salmah Yaakop dalam materinya menjelaskan Insekten adalah bagian yang sangat penting dari ekosistem alam. Insekten sebagai organisme yang memiliki peran penting dalam ekosistem pertanian, termasuk sebagai poliner pada tanaman, penghancur hutan rokok, dan sebagai sumber makanan dan bahan baku industri. Pengembangan metode molekuler untuk mengontrol insekten penyakit dan hama, serta memperbaiki efisiensi produksi tanaman melalui pemantauan genetika, dapat memberikan solusi yang lebih efektif dan ramah lingkungan.(Humas Unimed/dv)