Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Semarak Ramadan di Masjid Raya Unpad

Semarak Ramadan di Masjid Raya Unpad

[Kanal Media Unpad] Selama bulan Ramadan 1445 H, Masjid Raya Universitas Padjadjaran (MRU) menggelar berbagai kegiatan. Penyelenggaraan kegiatan tersebut dilakukan untuk mewadahi warga Unpad yang ingin berfokus melakukan dan menambah amalan selama Ramadan.

Koordinator Bidang Media DKM Masjid Raya Unpad Dr. Hery Wibowo, M.M., ,mengatakan, ada tujuh kegiatan yang menjadi layanan aktivitas harian dari MRU. Kegiatan tersebut selain menjadi wadah peningkatan ibadah Ramadan, juga menjadi wahan penyambung tali silaturahmi antarwarga Unpad.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, tujuh kegiatan tersebut, yaitu penyelenggaraan salat wajib lima waktu berjemaah dan iftar/takjil gratis bagi warga Unpad dan masyarakat umum setiap hari.

“Program takjil gratis ini, setiap harinya diikuti puluhan sampai ratusan mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas. Bagi mahasiswa yang tinggal di rumah kos di Jatinangor, tentunya program ini sangat bermanfaat untuk membantu mereka berbuka puasa dan melaksanakan salat wajib berjamaah,” tutur Hery.

Selanjutnya, penyelenggaraan ibadah salat tarawih berjemaah dengan penceramah para pengelola Unpad dan tim dosen Pendidikan Agama Islam di Unpad, pembacaan matan hadis Arbain Nawawi setiap salat zuhur berjemaah, kuliah subuh dan tadarus Al-Quran, imam tarawih dari mahasiswa Unpad yang memiliki kualitas dan kapasitas membaca Al-Quran yang baik, serta kajian tematik  yang dibawakan oleh tim dosen Unpad, baik secara daring maupun luring.

”Selama bulan Ramadan, atensi sivitas akademika yang mengikuti sejumlah program cukup baik, khususnya yang berpartisipasi pada program buka bersama, sholat magrib dan isya berjamaah serta sholat tarawih,” kata Hery.

Sementara menyambut 10 hari terakhir Ramadan, MRU juga menggelar program iktikaf di lingkungan masjid. Peserta yang mengikuti iktikaf akan mendapatkan kupon berbuka puasa dan makan sahur gratis di MRU.

”Untuk mengikuti program ini, diharapkan calon peserta dapat melakukan registrasi terlebih dahulu,” ujar Hery. (rilis)*