Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Penggunaan Turnitin Di Untirta Digalakkan Guna Pengembangan Zona Integritas

Penggunaan Turnitin Di Untirta Digalakkan Guna Pengembangan Zona Integritas

SERANG-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi dalam bidang karya tulis di lingkungan kampus demi integritas akademik serta tanggung jawab pimpinan,  Bidang Akademik melakukan Sosialisasi dan Penggunaan Turnitin pada Selasa, 2 April 2024 di Ruang Multimedia, Kampus Untirta, Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana, Ir. M.P., dan tim.

Dr. Rusmana mengatakan, pada tahun ini secara khusus Untirta ingin mengimplementasikan sistem ‘PPEPP’ yanga artinya  terkait dengan ‘maturty rating’ yang termasuk dalam perencanaan, pealakanaan, pengembangan dan evaluasi untuk kemajuan setiap program.

“Kita sedang membangun sistem zona integritas dan sekarang itu terkait di publikasi. Turnitin sudah berjalan beberapa tahun lalu dan tahun ini kapasitasnya dilipatgandakan dan harus dikelola dengan baik,” ujarnya.

“Saya mencoba dengan administrator dari membuat panduan termasuk layanan kita harus bisa mengukur apakah sudah memadai atau sudah memuaskan. Jangan yang muncul itu komplain. Artinya kita harus terus perbaiki,” imbuhnya.

“Siapa pun di antara kita jangan tercap sebagai plagiator. Ini merupakan pencegahan untuk plagiasi ini,” ucap Dr. Rusmana.
Administrator Turnitin Untirta  Gerry Garnika, S.E., M.Si., mengatakan, pengelolaan turnitin setiap tahun diperbaharui dan di Untirta diharapkan pengelolaannya bisa menjadi lebih baik lagi.

“Turnitin itu adalah alat untuk mencapai nilai integritas itu. Saya berharap masukkan konstruktif terkait dengan kebutuhan itu sesuai dengan kondisi di masing-masing unit,” imbuhnya.(HI/TMA/AAP)