Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Untirta Raih Juara 1 Festival StartUp Desa 2024

Mahasiswa Untirta Raih Juara 1 Festival StartUp Desa 2024

Pandeglang – Cendekiawan Kampung bersama dengan Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Pandeglang memberikan penghargaan kepada peserta yang mengikuti kompetisi Kewirausahaan Pemula “StartUp Desa” pada Selasa (05/03). Hebatnya, Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih Juara 1 pada ajang tersebut.

Alfiah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta berhasil menjuarai kompetisi Kewirausahaan Pemula “StartUp Desa” 2024 ini dengan membuat karya inovasi berupa Teh Kelor yang ia dedikasikan untuk membantu Kabupaten Pandeglang agar bisa menurunkan angka stunting.

“Motivasi saya mengikuti program ini karena ingin membantu Kabupaten Pandeglang menjadi kabupaten yang lebih peduli akan kesehatan serta mencapai penurunan angka stunting dengan upaya pencegahan menggunakan produk minuman herbal yaitu Teh Kelor,” ujarnya.

Dirinya menceritakan bahwa perjalanan yang dilaluinya cukup panjang, mulai dari adanya pelatihan, pengujian, branding, dan sebagainya. Proses tersebut harus dilalui nya agar dapat memahami manfaat produknya hingga mengetahui bagaimana cara mengolah, mengemas, dan memasarkannya.

“Project dilakukan tentu melalui banyak tahapan, mulai dari latihan, pengujian, branding, dan sebagainya, banyak upaya yang kita lakukan mulai dari memahami manfaat, bagaimana pengolahan produk yang baik, pengemasan produk yang menarik dan branding nya tersendiri. Usaha tersebut yang menghantarkan saya dan rekan menjadi juara satu dalam kegiatan tersebut,” ucapnya.

Alfiah menambahkan banyak manfaat yang ia dapatkan setelah mengikuti kompetisi ini, mulai dari semakin terbukanya pengetahuan terkait kewirausahaan, menjalin banyak relasi dengan banyak orang, hingga mendapat piagam penghargaan dan uang pembinaan untuk menjalani karyanya di masa mendatang.

“Benefit yang didapat banyak, mulai penghargaan dari uang pembinaan, relasi, pengalaman, pengetahuan dan pembelajaran terkait kewirausahaan khususnya,” ujarnya.

Alfiah juga memberikan motivasi untuk seluruh Mahasiswa Untirta agar jangan pernah berhenti untuk terus berkarya, berinovasi, serta berfikir kreatif. Selama masih ada kesempatan, disitulah ada peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mengharumkan diri sendiri, keluarga, dan Almamater kita. (AB/IHS/AAP)