Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

SNBT 2024: Jumlah Peminat dan Pendaftar UM Kian Meningkat

SNBT 2024: Jumlah Peminat dan Pendaftar UM Kian Meningkat
image_pdf

Pendaftaran Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) untuk tahun ajaran 2024 telah ditutup. Jumlah peminat dan pendaftar di Universitas Negeri Malang (UM) mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang ada, menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Makin banyak camaba yang menjadi peminat dan pendaftar di perguruan UM.

Total peminat yang memilih UM (sebagai salah satu dari empat pilihan) sebanyak 42.093 calon mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa UM semakin diperhitungkan di kalangan camaba sebagai tujuan dalam melanjutkan pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dari total peminat diatas, sebanyak 30.617 siswa yang mendaftar ke UM. Jumlah pendaftar tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu. Pada jalur seleksi masuk SNBT tahun 2024 UM memiliki daya tampung penerimaan mahasiswa baru (maba) sebanyak 3.622.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., mengatakan bahwa jumlah pendaftar SNBT tahun 2024 UM yang lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2023, merupakan buah hasil dari upaya yang selalu dilakukan UM untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa agar semakin mendapatkan apresiasi publik. “Bagi UM ini adalah tambahan energi positif untuk selalu mengevaluasi dan berbenah dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan serta berkontribusi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, cerdas dan berkarakter. Lulusan-lulusan UM tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan mampu berkontribusi dalam menyiapkan lapangan kerja serta pengembangan peradaban bangsa yang demokratis, adil dan makmur”, ujar Prof. Hariyono.

Pada jalur SNBT ini, camaba akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Pelaksanaan tes UTBK-SNBT dibagi menjadi dua gelombang, setiap gelombang dilaksanakan selama 7 hari dan per hari dilakukan 2 sesi. Gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024. Gelombang kedua dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024. Informasi hasil seleksi jalur SNBT akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2024 oleh Panitia Pusat SMBTN.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM