Jumat, 03 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Prospek Kerja Teknik Elektro, Bisa Jadi Ahli Robotik Lho!

Prospek Kerja Teknik Elektro, Bisa Jadi Ahli Robotik Lho!

Selain jurusan komputer, prodi teknik elektro juga menjadi incaran calon mahasiswa karena prospek kerja yang luas. Bukan tanpa alasan, bahkan menurut Detik Edu teknik elektro menjadi salah satu jurusan dengan gaji tertinggi yakni menyentuh angka rata-rata $70 ribu/tahun lho!

Teknik elektro atau ada yang menyebutnya dengan teknik listrik merupakan bidang ilmu teknik yang akan membuat Anda mempelajari tentang elektron dan kelistrikan yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Prospek kerja untuk lulusan program studi ini tergolong menggiurkan lho! Penasaran apa saja? Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Prospek Kerja Teknik Elektro?

Prospek kerja teknik elektro disebut-sebut sebagai salah satu yang paling menjanjikan di masa depan. Apa saja itu? Berikut contoh singkatnya! 

1. Insinyur Desain Listrik

Insinyur desain listrik atau bahasa kerennya Electrical Design Engineer memungkinkan Anda untuk berkarir di industri arsitektur, kedirgantaraan, dan energi. 

Mengembangkan sistem kelistrikan menjadi fokus utama dari profesi ini. Tugas lainnya adalah memberikan layanan pemasangan dan pemeliharaan untuk sistem kelistrikan yang ada. Tak main-main, gaji yang didapat bisa mencapai 90 jutaan per tahun.

2. Hardware Engineer

Tanggung jawab utamanya adalah membuat merancang desain untuk peralatan fisik dan perangkat keras komputer, seperti hard drive, processor, chip, papan sirkuit dan lainnya. Desain tersebut harus dibuat sedemikian rupa agar efisien saat digunakan. 

Berkarir di bidang ini akan membuat Anda sangat dekat dengan teknologi terbaru. Anda bisa dapat puluhan juta bahkan lebih per tahun.

3. Project Engineer

Pekerjaan ini merupakan gabungan dari manajemen proyek dan engineering. Gaji yang didapat berkisar dari 15-25 jutaan per bulan tergantung jabatan dan lingkungan kerja.

4. Analis Sistem

Sebagai lulusan teknik elektro, Anda juga berkarir sebagai Analis Sistem yang tanggung jawab utamanya adalah meningkatkan serta memelihara sistem di suatu perusahaan/organisasi. Jika di dalam negeri, gaji per bulan mulai dari 5 jutaan.

5. Kerja di BUMN

Teknik elektro yang memiliki prospek kerja untuk menjadi karyawan BUMN lho! Setelah lulus Anda bisa masuk ke perusahaan telekomunikasi atau energi. Selain gaji yang tinggi, kerja di BUMN juga mendapat asuransi dan jenjang karirnya cemerlang.

6. Robotic Engineer

Bukan sekedar mimpi, Anda bisa menjadi Robotic Engineer atau ahli robot setelah lulus dari jurusan Teknik Elektro. 

Industri otomotif dan robotik yang kian masih tentunya sangat menjanjikan untuk masa depan. Selain menciptakan robot, seorang robotic engineer juga bisa mengembangkan AI (kecerdasan buatan) yang bisa mempermudah pekerjaan manusia.

Tak hanya enam daftar di atas, prospek kerja teknik elektro bahkan lebih luas lagi. Anda bisa menjadi Hardware Engineer, Project Engineer, Biomedical Engineer, dan banyak lagi. Jika Anda tertarik dengan jurusan ini, UNNES bisa menjadi tempat sempurna! Yuk, daftarkan diri kalian ke UNNES agar bisa menempuh pendidikan terbaik untuk jurusan ini!