Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dimulai Hari Ini: UTBK 2024 di Universitas Lambung Mangkurat Akan Diikuti 9.484 Peserta

Dimulai Hari Ini: UTBK 2024 di Universitas Lambung Mangkurat Akan Diikuti 9.484 Peserta

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dimulai pada hari ini Selasa, 30 April 2024. Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menjadi salah perguruan tinggi penyelenggara tes tersebut.

Tercatat sebanyak 9.484 peserta dari berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti UTBK di ULM.  Tes dijadwalkan berlangsung selama 7 hari yaitu 30 April dan 2-7 Mei 2024. Tes akan dilangsungkan dalam 13 sesi di 10 lokasi fasilitas tes berbasis komputer yang dimiliki ULM, yaitu Laboratorium di General Buiding, Gedung LPMPP, Gedung FISIP, Gedung Fakultas Hukum, Gedung Fakultas Teknik, Gedung FKIP,  Gedung Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi serta Gedung Rektorat. Masing-masing sesi akan diikuti oleh 755 peserta.

Berdasarkan pemantauan, pelaksanaan tes di sesi 1 pada hari pertama berjalan lancar. Pada sesi pertama terjadwal 755 peserta mengikuti. Namun terdapat 27 peserta yang tidak hadir saat tes sudah dimulai.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Iwan Aflanie, dr. M.Kes., Sp.F., S.H., menyampaikan apresiasi kepada para pejuang UTBK. “Mudah-mudahan pelaksanaan UTBK berjalan lancar hingga hari terakhir,” ucap beliau saat diwawancarai.

Tes UTBK adalah tes berbasis komputer yang diselenggarakan sebagai salah satu tes nasional masuk perguruan tinggi negeri. Tes ini digunakan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan baik dan tepat waktu. Tes dilangsungkan di sejumlah perguruan tinggi penyelenggara tes.

Pada tahun ini, terdapat 9.484 peserta yang mengikuti UTBK di ULM pada tahun 2024. Terdapat dua tipe soal yang diujikan pada UTBK 2024, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan tes Literasi dalam Bahasa Inggris, tes Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Penalaran Matematika.