Minggu, 12 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Fkm Uad Bekali Mahasiswa Baru Dengan Berbagai Soft Skills

Fkm Uad Bekali Mahasiswa Baru Dengan Berbagai Soft Skills
Lina Handayani, SKM., M.Kes., Ph.D. Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD saat menyambut mahasiswa baru pada Program Pengenalan Kampus (P2K) (Foto: Ambar)

Pada hari ketiga (15-09-2021) Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), masing-masing fakultas memperkenalkan diri kepada Dahlan Muda—sebutan untuk mahasiswa baru (maba). Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Lina Handayani, S.K.M., M.Kes., Ph.D., menjelaskan terkait visi dari FKM, yaitu tidak mementingkan unsur duniawi dan unggul dalam kompetisi tanpa kompetisi hidup akan membosankan. Oleh karena itu, dalam berkompetisi mahasiswa harus dituntut berwawasan global.

Kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk bisa bersaing di level internasional, seperti era generasi 4.0 yang akan dihadapi. Selain itu, berwawasan pada nilai-nilai keislaman di bawah Persyarikatan Muhammadiyah serta berorientasi pada healthy cities menjadi ciri khas FKM UAD.

“Tentunya kami mempunyai cita-cita yang luhur, yakni mewujudkan Indonesia sehat. Penting juga untuk belajar dengan rasa cinta karena akan mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Ia menegaskan, jangan sampai kuliah hanya ingin mendapatkan selembar ijazah atau formalitas saja. Mahasiswa yang memutuskan kuliah maka harus berani untuk gaining your value melalui soft skill. Kemampuan, adaptasi, komunikasi, kepercayaan diri yang tinggi, serta kerja sama sangat penting, ditambah dipupuk dalam perkuliahan agar nantinya mahasiswa bisa aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan dan meningkatkan agamanya.

“Sekarang soft skill sangat penting untuk bisa bersaing di era generasi 4.0,” imbuhnya. (Amb)