Minggu, 16 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Alley Market 2024 di UI: Hadirkan Berbagai Produk Makanan, Elektronik Hingga Aplikasi Inovatif Yang Dibutuhkan Masyarakat

Alley Market 2024 di UI: Hadirkan Berbagai Produk Makanan, Elektronik Hingga Aplikasi Inovatif Yang Dibutuhkan Masyarakat

Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia (UI), menggelar kegiatan Alley Market 2024: “Make it happen: Ignite Your Ideas”. Acara ini diselenggarakan dari tanggal 13 hingga 17 Mei 2024 di area parkir dan selasar gedung FIA UI kampus Depok. Alley Market 2024 memberikan kesempatan kepada mahasiswa program studi Administrasi Niaga dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan.

Melalui mata kuliah Kreativitas Berpikir dan Kewirausahaan mereka diberi kesempatan untuk merancang dan mengembangkan ide bisnis yang inovatif serta berkelanjutan. Ketua Pelaksana Alley Market 2024, Afrael Zaldy, mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar ajang pameran produk, tetapi juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk belajar tentang persaingan pasar dalam dunia bisnis, memperoleh pengetahuan tentang manajemen risiko, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berwirausaha. “Adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengasah skill kewirausahaan melakukan langkah nyata dalam membangun bisnis, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam lingkup sosial,” katanya.

Sebanyak 24 tenant bisnis dipamerkan, antara lain Willow (bantal air portabel), Petify (kalung pintar untuk melacak aktivitas dan petualangan hewan peliharaan), Sustainasoft (pembalut yang dapat terurai), Measugar (Apps berbasis pelacak gula untuk konsumsi harian), Aimy (kuku palsu tempel), Loey (jaket saku beraroma), Diabeats (onigiri tiwul untuk penderita diabetes), Obijit (belt alat pijat untuk bagian punggung), Serenè (bantal praktis untuk bepergian dengan gel dan penutup mata), Style R (pakaian dengan bahan baku kain perca), GLAMPSE (platform terpadu all-in-one untuk kebutuhan kecantikan), Parkir.in (aplikasi reservasi parkir mall), dan FLEXFIX (platform panggilan mekanik online).

Tenant lainnya yaitu Kawan Jalan (aplikasi pemesanan pemandu wisata), ResQBites (aplikasi yang menyediakan makanan berlebih dengan harga yang terjangkau namun kualitas tetap terjamin), HER (mesin penjual otomatis untuk produk kesehatan wanita), Kleanse (pelopor sabun di Indonesia dengan kemasan ramah lingkungan), Cocova (Es Krim sehat berbasis herbal atau tumbuhan (kelapa dan jambu biji), Shumamy (perpaduan sushi burger yang praktis dan mengenyangkan), Parent Things (aplikasi edutech all-in-one untuk orang tua dalam memberikan pendidikan berkualitas dan pendidikan orang tua bagi anak-anak), TrueBeauty (website untuk layanan kecantikan), AEGIS (solusi terpadu all-in-one untuk UMKM), DROB (ruang penyimpanan ruang bersama) dan QUICKFIT (solusi inovatif, cepat, dan praktis untuk kebutuhan kesehatan darurat melalui mesin penjual otomatis).

Dekan FIA UI, Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M. mengatakan Alley Market 2024 menjadi bukti komitmen UI dalam membantu para mahasiswa mengembangkan potensi kewirausahaan, sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan di dunia bisnis yang semakin kompleks.”Event ini tidak hanya mempromosikan produk, tetapi juga memperluas jaringan serta keterampilan bisnis mereka,” ujar Prof. Chandra.

Alley Market 2024 bertujuan meningkatkan kemampuan dan kompetensi entrepreneurship mahasiswa khususnya yang mengikuti mata kuliah Kreativitas Berpikir dan Kewirausahaan. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mengaplikasikan rencana bisnis dan mendapatkan nuansa persaingan pasar dalam dunia bisnis serta melatih skill mahasiswa dalam mempromosikan dan menjual produk bisnis mereka.