Jumat, 05 Juli 2024
Perguruan Tinggi

ULM Siap Bantu Kembangkan Potensi Olahraga Kalsel

ULM Siap Bantu Kembangkan Potensi Olahraga Kalsel

Menteri Pemuda dan Olahraga  Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Hotel G’Sign Banjarmasin pada Sabtu (18/12/2021). Kalimantan Selatan adalah provinsi ke-11 untuk pelaksanaan sosialisasi Perpres No.86/2021 Tentang DBON. Pada sosialisasi tersebut, Menpora Amali memaparkan dan menjelaskan bagaimana tahapan, tujuan, dan fungsi hingga target dari lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional. Menpora juga menilai Kalsel memiliki potensi untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk olahraga Indonesia.

Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc turut hadir dalam acara ini memberikan laporan terkait kesiapan ULM terhadap DBON. Dalam pemaparannya, Rektor menyatakan bahwa ULM siap untuk membantu mengembangkan olahraga di Kalsel. Beliau menyebutkan hingga saat ini ULM memiliki jurusan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang menjadikan ULM satu-satunya institusi perguruan tinggi yang secara khusus menangani dan mengkaji olahraga. “Semoga dengan adanya DBON ini kita bisa menyiapkan langkah-langkah strategis  terutama dalam pembinaan atlit mulai dari usia dini bahkan dalam penyiapan kerangka olahraga nasional di provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Rektor.

Kalimantan Selatan hingga saat ini rutin menyumbang atlet terbaik dalam beberapa cabang olahraga, di antaranya cabang olahraga gulat dan loncat indah. Pembangunan potensi olahraga di Kalimantan Selatan sejalan dengan visi Universitas Lambung Mangkurat yakni untuk menjadi unggul dalam bidang kajian lahan basah. “Kami berharap ke depannya kita bisa menyiapkan atlet untuk cabang olahraga air lainnya yang sangat kompetitif seperti renang, dayung, dan lain sebagainya,”.

Selain siap untuk membantu DBON dalam pendidikan, Rektor juga memaparkan kesiapan ULM melalui fasilitas-fasilitas yang telah dimiliki dan dapat dimanfaatkan untuk pagelaran nasional maupun internasional. Fasilitas tersebut di antaranya kolam renang, lapangan sepak bola, fasilitas olahraga atletik dan fitness. Rektor juga menyampaikan keinginannya untuk membangun stadion mini di lingkungan ULM. “Pembangunan fasilitas olahraga penting untuk menarik anak-anak muda kita utk berolahraga agar memiliki tubuh yang bugar sehingga pengembangan sumber daya manusia bisa lebih dioptimalkan,” tutur beliau.