Jumat, 05 Juli 2024
Perguruan Tinggi

ULM Serius Ciptakan Lingkungan Sehat Untuk Civitas Akademika Melalui HPU

ULM Serius Ciptakan Lingkungan Sehat Untuk Civitas Akademika Melalui HPU

Banjarbaru, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berkomitmen menciptakan lingkungan sehat guna meningkatkan produktivitas civitas akademika dalam mendukung pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi. “Hari ini kita laksanakan penguatan komitmen implementasi program Health Promoting University (HPU) kolaborasi ULM dan Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan sebagai langkah maju menciptakan lingkungan yang mendukung pola hidup sehat,” kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Auditorium ULM Banjarbaru, Kamis (24/12/2021). Sebanyak 400 mahasiswa ikut hadir secara tatap muka dan juga daring melalui sistem hybrid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat dengan wajib check in melalui aplikasi peduli lindungi dan juga swap antigen.

Pada kegiatan ini ULM turut mengundang narasumber yang menyampaikan materi yaitu, Wakil Rektor ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Muhammad Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel M. Muslim serta Ketua Pokja HPU UGM Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, MSi., PhD. Rektor berterima kasih kepada Prof Yayi dan Tim HPU Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memberikan penguatan, dimana UGM turut merumuskan panduan untuk mengembangkan HPU di seluruh universitas di ASEAN pada tahun 2015-2018.

ULM bersama Dinas Kesehatan, kata dia, memperkuat kerja sama dalam mewujudkan HPU dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di lingkungan kampus. Rektor melihat bahwa kampus sehat dimaknai sebagai suatu pendekatan yang memfokuskan pada kesehatan secara holistik. Dalam konteks universitas bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan keberlanjutan masyarakat.

Menyikapi situasi pandemi COVID-19, Rektor mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan jadi satu langkah sejalan dengan program HPU. Apalagi ULM memiliki Tim Pakar untuk Percepatan Penanganan COVID-19 dan Satgas COVID-19 di masing-masing fakultas yang bertugas menekan dan mencegah penularan penyakit menular COVID-19. Rektor menambahkan bahwa keseriusan ULM juga didukung pimpinan Fakultas dimana semua Dekan dan Direktur Pascasarjana turut menandatangai komitmen bersama tersebut.