Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Ajang National IT Competition, SMKN 9 Malang Meraih “Silver Medal”

Ajang National IT Competition, SMKN 9 Malang Meraih “Silver Medal”

Sekali lagi prestasi gemilang diraih oleh siswa dari SMK Negeri 9 Malang. Kali ini, siswa dari Kompetensi Keahlian RPL yang diwakili oleh Putri Rahayuningsih, Firly Salva Lavasya, dan Cahya Nur Tarisya mengikuti National IT Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang dalam bidang lomba APP Development.

Ketiga siswa yang tergabung dalam tim Skanawa yang dibimbing oleh Bapak Arif Kurniawan, S.T tersebut membuat sebuah aplikasi berbasis android dengan nama “Aplikasi Development PS (Peduli Sosial)“. Kegiatan seleksi lomba berlangsung dalam dua tahap, yang pertama yaitu seleksi 10 Besar terbaik yang dilaksanakan dengan mengupload video yang mensimulasikan aplikasi yang masih berupa prototype dan penjelasannya. Berikut video penjelasan yang dibuat.

Setelah berhasil lolos seleksi pertama, tim Skanawa harus berjuang dalam final. Final dari NIT Competition ini dilaksanakan dengan cara presentasi online pada tanggal 13 Oktober 2020. Pada kegiatan final ini tim Skanawa mempresentasikan tentang aplikasi yang sudah dibuat beserta tanya jawab oleh para juri.

Usaha sungguh-sungguh yang dilakukan oleh tim Skanawa dalam pembuatan program selama kurang lebih 28 hari dan rangkaian seleksi akhirnya berbuah manis. Pada tanggal 5 Oktober 2020 setelah acara final, diumumkan bahwa tim Skanawa dari SMKN 9 Malang mendapatkan Silver Medal.