Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

WORKSHOP ECOPRINT

WORKSHOP ECOPRINT

Senin, 29 November 2021 lalu, SMP Negeri 3 Pakem telah menyelenggarakan Workshop Ecoprint bagi para siswa perwakilan dari beberapa kelas.

Dalam kegiatan ini dihadiri 30 siswa kelas 7 dan 8, juga hadir Ibu Yani Susilawati, S. T beserta Ibu Avinda Khoirunnisa, S. Pd selaku pembina sekaligus sebagai pemateri workshop ecoprint ini.

Ecoprint sendiri, berasal dari kata eco atau ekosistem yang berarti lingkungan hayati atau alam dan print artinya cetak. Sistem dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, mirip seperti proses pembuatan batik, maka sering juga disebut batik ecoprint. Namun, motif yang dihasilkan oleh sistem ecoprint ini lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.30 – 12.00 WIB ini ditujukan untuk berbagi ilmu seputar bagaimana caranya menerapkan teknik ecoprint menggunakan alat dan bahan yang ada di sekitar lingkungan rumah. Ecoprint  adalah teknik memberi pola pada bahan/kain menggunakan bahan alami. Mengembangkan jiwa kreatifitas siswa merupakan tujuan utama kegiatan ini. Siswa bisa Mencoba mendekatkan diri kembali dengan alam mengenal berbagai jenis tanaman dan warna alam yang terkandung didalamnya, belajar mengenal karakter daun, dan membuat karya eksklusif dengan menggunakan bahan bahan alami

Setelah workshop berakhir, diadakan pula praktek membuat kreasi ecoprint pada tangggal 1 Desember 2021. Dengan tujuan, siswa dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan oleh pemateri, dan memberi kesempatan bagi para siswa berkreasi menciptakan suatu karya.