Story dari KOTA PARIAMAN

Sekolah Menengah Kejuruan

Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Prov.Sumatera Barat Pasca Kebakaran di SMKN ...

Senin, 9 Januari 2022 Kepala Dinas Provinsi Sumatera Barat dan rombongan datang ke SMKN 2 Pariaman untuk melihat dan meninjau sekolah pasca terjadinya kebakaran tanggal 30 Desember 2022 yang lalu. Sudah sembilan hari semenjak kejadian kebakaran yang terjadi di SMKN 2 Pariaman yang diperkirakan mulai terbakar pada pukul 01.20 dini hari dan merenggut 15 Ruangan yang terdiri dari: Kelas, Labor Komputer, Ruangan BK, Ruangan TIK/Server sekolah. Untuk kedepannya masih belum diputuskan bagaimana pengganti dari ruangan kelas siswa yang terbakar, namun para siswa mendapatkan ruangan kelas darurat yaitu: Aula Sekolah, RPS Animasi, Perpustakaan, Teaching Factory Boga dan Lobby Hotel SMKN 2 Pariaman.

Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change

Kamis, 3 November 2022 Acara terakhir dalam susunan acara Pusat Keunggulan (PK) dilakukan yaitu Workshop Penguatan Karakter Berbasis Mindset Change dengan narasumber Bapak Ir.Firlan Mustafa, MM dari Universitas Dharma Andalas. Acara dihadiri oleh Kepala Sekolah, Unsur Pimpinan, Guru Pengajar, dan staff pegawai SMKN 2 Pariaman. Untuk Rundown Acara yaitu : – Pembukaan oleh MC, – Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, – Menyanyikan Lagu Wajib Nasional, – Pembacaan Doa, – Penyampaian Kata Pembuka oleh Kepala Sekolah, – Penyampaian Materi Utama dari Narasumber, dan – Sesi Tanya Jawab dari narasumber kepada peserta Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi keahlian dalam peningkatan kualitas dan kinerja guru SMKN 2 Pariaman sehingga lebih  siap dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Materi yang disampaikan oleh pemateri  sangat tepat, guna  mengingatkan  kembali bagaimana hakikat guru diera teknologi yang super canggih dan penuh tantangan.  Materi penguatan  karakter berbasis mindset change dipaparkan dengan rinci dan jelas. Tujuan dari acara ini adalah dengan pamahaman yang diperoleh, peserta akan lebih tergugah dan terinpirasi untuk menanamkan, menumbuhkan mindset positif, sehingga akan berdampak pada perilaku, kinerja, produktivitasnya yang lebih baik.

Sekolah Menengah Kejuruan

FGD Penyusunan RANPERGUB Tarif, pengelolaan keuangan dan kerjasama 28 SMK ...

28 SMKN di Sumatera Barat salah satunya SMKN 2 Pariaman mengikuti kegiatan studi tiru SMK BLUD ke SMKN 6 Yogyakarta tentang : Penyusunan Ranpergub pengelolaan keuangan BLUD, Tarif layanan dan tata cara kerjasama. Sumber : Facebook Novri Resi

Sekolah Menengah Kejuruan

Benchmarking Update Teknologi dari Dunia Kerja

Rabu, 19 oktober 2022. Guru animasi dan wakil SMKN 2 Pariaman melakukan perjalanan kunjungan Studi Banding.Tujuan kunjungan studi banding ke beberapa lokasi, salah satunya SMKN 3 Tanggerang Selatan.Sekolah ini menyambut tamu dengan ciri khas karakter baik yang dimilikinya yaitu salawatan rebana yang di sertai barisan siswa animasi hingga sampai di tempat pertemuan. Kreatif, inovatif dan produktif merupakan motto yang disampaikan oleh kutua program animasi yaitu Dwi Adrian, S.Kom M.Pd. Tim hebat sekolah bersama kurikulum membuat sebuah inovasi yaitu program IJP yaitu In Job Trining. Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter yang handal baik dalam hard skill maupun soft skill sesui dengan tuntutan dunia industri. Mereka telah melakukan hingga batch ke 5, yang akhirnya siswa batch senior akan menjadi tutor bagi batch di bawahnya. Bahkan khusus bagi siswa kelas XII memiliki tanggung jawab untuk memegang seorang juniornya dengan target yang sudah di sesuaikan. Mereka menerapkan prinsip merdeka belajar yang dibawa oleh bapak mentri pendidikan. Dimana kurikulum menyiapkan pembelajaran yang berbasis kebutuhan siswa di dunia kerja tanpa menghilangkan unsur pembentukan karakter mandiri dan profesional dan ditambah lagi kekhusus untuk jurusan animasi harus anti “baper”. Karena mereka akan dituntut banyak oleh dunia industri menyelesaikan proyek besar yang rilis dalam film animasi. Sumber : Facebook […]

Sekolah Menengah Kejuruan

Launching BLUD 28 SMK Negeri Se Sumatera Barat.

Sebanyak 28 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Sumatera Barat (Sumbar) resmi menjadi Badan Layanan umum Daerah (BLUD) yang diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan siswa SMK untuk memasuki dunia kerja. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar mengumumkan peresmian 28 BLUD SMK yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Barat kepada 5 Kepala Sekolah SMK perwakilan di sumbar. “Untuk memberikan yang terbaik untuk anak bangsa ini harus kita bimbing dan dorong SMK se sumbar untuk lebih maju dan berdaya. Dengan adanya BLUD di 28 SMK ini, OPD lain harus turut andil, jangan hanya Dinas Pendidikan saja,” ujar gubernur saat membuka acara Launching BLUD di Aula Kantor Gubernur, Rabu (28/9/2022). Gubernur berharap dengan menerapkan sistem BLUD diharapkan SMK bisa lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangannya.Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah. Sumber  : Disdik Sumbarprov  

Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Penyusunan Dokumen BLUD

Selasa, 13 September 2022 Workshop Penyusunan Dokumen BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) SMK Pusat Keunggulan Sektor Ekonomi Kreatif di Aula SMKN 2 Pariaman yang dimulai pada pagi hari jam sembilan pagi. Rundown Acara hari ini adalah : Pembukaan oleh moderator Pembacaan ayat suci Al-Qur’an Pembacaan Doa Penyampaian sambutan acara oleh Kepala Sekolah Penyampaian materi dari narasumber Workshop ini dihadiri oleh narasumber dari Biro Perekonomian Setda Prov.Sumbar “Workshop ini bertujuan untuk menyusun program dan dokumen yang berkaitan dengan Badan Layanan Umum Daerah” Ucap Plt. Kepala Sekolah Ibu Novri Resi, S.Pd dalam penyampaian kata sambutan . Ibu Poetri Fithria menyampaikan materi implementasi BLUD untuk sekolah dimulai dengan pengkajian BLUD, Hak dan Kewajiban BLUD, Persyaratan BLUD, pembahasan permendagri 79/2018 pasal 29 s.d 45, permohonan penilaian dan penetapan BLUD dan lainnya. Sesi selanjutnya merupakan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber.  

Sekolah Menengah Kejuruan

Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran

Senin, 12 September 2022 bertempat di Ruang Pertemuan Bundo SMKN 2 Pariaman acara Workshop Perancangan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Media Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan Sektor Ekonomi Kreatif Tahun 2022 Skema Lanjutan dimulai pada pagi hari pukul 09.00 dan direncanakan sampai sore jam 16.00. Pembahasan mengenai Capaian Pembelajaran Maupun ATP pelajaran dibahas sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru masing-masing dan juga guru mata pelajaran lain menelaah tentang pembahasan yang diberikan oleh guru yang membahas. Selain pembahasan tersebut semua yang hadir dalam rapat juga menanyakan kepada tim pembahas agar memperjelas sekaligus mengerti apa yang disampaikan.

Sekolah Menengah Kejuruan

Penandatanganan kerjasama (MoU) DUDI Animasi

Penandatanganan kerjasama (MoU), yang salah satu poinnya yaitu ttg pelaksana PKL dan rekruitmen tenaga kerja dan penyaluran lulusan , antara SMKN 2 Pariaman dengan: – PT.Wangsa ultima kreasi/ mythologic studio Jakarta – PT.Truverse global kreatif – PT.Mafela Ranca wana – penyelarasan kurikulum perhotelan dan kuliner dengan DUDIKA Dengan harapan semoga kualitas dan daya saing lulusan SMKN 2 Pariaman sesuai dengan tuntutan dunia usaha, industri dan dunia kerja.